Pemecahan Masalah Bangun Ruang Bernuansa Etnomatematika pada Siswa SMP
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalina, S. V. & Ekawati, R. (2020). Profile of open-ended problem solving based on Polya’s step viewed from mathematical ability level of junior high school students. MATHEedunesa, 9(2), 402–411.
Arilaksmi, N. P. G., Susiswo., & Sulandra, I. M. (2021). Kemampuan pemecahan masalah open-ended siswa SMP berdasarkan tahapan Polya. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 1–12.
Astuningtyas, E. L., Wulandari, A. A., & Farahsanti, I. (2017). Etnomatematika dan pemecahan masalah kombinatorik. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 3(2), 111–118.
Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Russtyani, N. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP kelas IX pada materi bangun datar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 77–83.
Dewi, M. T. & Julisawati, E. (2019). Pengembangan sistem pembelajaran ilmu geometri dengan menggunakan metode augmented reality. Jurnal Ilmiah KOMPUTASI, 18(1), 9–16.
Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 114–119.
Fauza, A. (2019). Perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa menggunakan pembelajaran penemuan terbimbing dan pembelajaran ekspositori (Doctoral Disertation). Universitas Negeri Medan, Medan.
Latifah, M. & Khabibah, S. (2017). Profil pemecahan masalah geometri siswa SMA ditinjau dari perbedaan jenis kelamin dan kemampuan spasial. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(6), 320–327.
Muttaqien, A. (2019). Construction of student representation on three-dimensional word problem. Journal of Research on Mathematics Instruction (JRMI), 1(1), 25–29.
Polya, G. (1973). How to solve it a new aspect of mathematical method (second ed). Amerika: Princeton University Press.
Rambe, K. N. (2019). Analisis kemampuan metakognisi dalam pemecahan masalah matematis pada pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari gaya belajar siswa (Doctoral Disertation). Universitas Negeri Medan, Medan.
Ratuanik, M. & Lamers, P. (2021). Kemampuan pemecahan masalah matematika menggunakan model problem based learning pada materi segitiga. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 229–241.
Ruseffendi, E. T. (1990). Pengajaran matematika modern dan masa kini. Bandung: Tarsito.
Simatupang, R., Elvis Napitupulu, E., & Syahputra, E. (2019). Analysis of mathematical problem-solving abilities taught using problem-based learning. American Journal of Educational Research, 7(11), 794–799.
Suwito, A. & Trapsilasiwi, D. (2016). Pengembangan model pembelajaran matematika SMP kelas VII berbasis kehidupan masyarakat jawara (Jawa dan Madura) di kabupaten Jember. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), 79–84.
DOI: https://doi.org/10.31002/mathlocus.v3i1.2340
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.