Kemampuan Berpikir Logis Mahasiswa Program Studi Matematika FMIPA Universitas Pamulang

Ilmadi Ilmadi, Deka Nirmala Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan matematis berpikir logis matematis mahasiswa Program Studi Matematika FMIPA Universitas Pamulang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah mahasiswa yang mengikuti mata kuliah aljabar abstrak lanjutan. Dalam pengumpulan data digunakan instrumen berupa tes yang didesain dengan menggunakan indikator kemampuan matematis berpikir logis. Analisis data dilakukan dengan mendeskripsikan hasil jawaban mahasiswa, selanjutnya data disajikan dalam bentuk gambar atau grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan matematis berpikir logis mahasiswa kelas 05MATP001 dan 05MATM001 berada pada kategori sedang. Dari hasil penelitian terlihat juga bahwa indikator kemampuan berpikir logis yang paling sulit oleh mahasiswa adalah kemampuan memberikan kesimpulan secara logis. Peneliti menyarankan untuk dapat dilakukan kajian yang mendalam terkait penyebab rendahnya kemampuan berpikir logis serta melatih mahasiswa untuk dapat memberikan kesimpulan yang logis dari hasil yang mereka dapatkan pada indikator sebelumnya.


Keywords


aljabar abstrak lanjutan,kemampuan berpikir logis matematis, mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Anditiasari, N., Pujiastuti, E., & Susilo, B. E. (2021). Systematic literature review: Pengaruh motivasi terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(2), 236-248.

Andriawan, B. (2014). Identifikasi kemampuan berpikir logis dalam pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Sidoarjo. MATHEdunesa, 3(2), 42–48.

Hidayat, A. R. (2018). Filsafat berpikir teknik-teknik berpikir logis kontra kesesatan berpikir (Vol. 153). Pamekasan: Duta Media Publishing.

Lubis, E. A., Napitupulu, E., & Nugrahadi, E. W. (2020). Pengembangan modul berbasis experiential learning pada mata kuliah perencanaan pembelajaran akuntansi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 7(2), 146-156.

Octaria, D. (2017). kemampuan berpikir logis mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas PGRI Palembang pada mata kuliah geometri analitik. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(2), 181-194.

Rohaeti, T. & Lusiyana, D. (2020). Implementasi blended learning pada era digital dan kemandirian belajar mahasiswa pendidikan matematika. Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME), 3(1), 72–80.

Sari, R. N. (2020). Profil kemampuan berpikir logis matematis mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Pasir Pengaraian. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 188-193.

Slameto, S. (2013). Pengaruh pemanfaatan ICT, akses sumber belajar, dan berpikir kritis terhadap hasil belajar dalam pengorganisasian isi perkuliahan model elaborasi mahasiswa S1 PGSD FKIP UKSW Salatiga 2012. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2013. Universitas Islam Indonesia.

Utami, A. K. S. & Haerudin, H. (2021). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan berfikir logis matematis. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 55-61.

Wulandari, L., & Fatmahanik, U. (2020). Kemampuan berpikir logis matematis materi pecahan pada siswa berkemampuan awal tinggi. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 43-57.




DOI: https://doi.org/10.31002/mathlocus.v2i2.2317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.