Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa SMA Kelas XI

Rizqi Nurjanah, Nisa Nur Hidayati

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kesalahan yang banyak dilakukan siswa sehingga dapat memudahkan pendidik dalam menemukan solusi dalam pembelajaran matematika dalam materi barisan dan deret. Melalui hal ini, pendidik dapat meningkatkan kemampuan pemahaman dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan soal yang diberikan kepada siswa melalui google form. Soal yang digunakan adalah essay dengan beberapa soal HOTS. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Polan Harjo Klaten. Data pada penelitian ini diperoleh dari jawaban siswa yang dikumpulkan melalui google form, kemudian dianalisis kesalahan siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah rata – rata kesalahan siswa muncul karena salah dalam proses menganalisis butir soal, menerapkan rumus dalam butir soal, mengombinasikan antara rumus barisan dan deret, dan kesalahan dalam perhitungan. Hal ini diakibatkan oleh siswa kurang dalam memahami materi.


Keywords


barisan dan deret, hasil belajar, kesalahan siswa

Full Text:

PDF

References


Asih & Imami, A. I. (2021). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP kelas VIII pada materi himpunan. MAJU, 8(2), 9-16.

Diana, P., Marethi, I. & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa: Ditinjau dari kategori kecemasan matematik. SJME:

Supremum Journal of Mathematics Education, 4(1), 24.

Fadlilah, M. F., Purwanto, S. & Hakin, L. E. (2021). Pengaruh model pembelajaran team assisted individualization (TAI) berbantuan video interaktif dalam pembelajaran jarak jauh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri 172 Jakarta. JRPMS: Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 5(2), 14-26.

Intan, F. M., Kuntarto, E. & Alirmansyah. (2020). Kemampuan siswa dalam

mengerjakan soal HOTS (higher order thinking skills) pada pembelajaran matematika di kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 6-10.

Ningrum, L. S. (2013). Analisis kemampuan siswa menyelesaikan soal matematika dalam bentuk cerita pokok bahasan barisan dan deret pada siswa kelas XII SMA AL-ISLAM 3 Surakarta (Skripsi). Program Sarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Rahardjo, M. (2017). Studi kasus dalam penelitian kualitatif: Konsep dan prosedurnya (Tesis). Program Magister Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Sudjana, N. (2005). Dasar-dasar belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Sukardi. (2008). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Syahrir, S. & Susilawati, S. (2015). Pengembangan modul pembelajaran matematika siswa SMP. JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education, 1(2), 162-171.

Van de Walle, J. A. (2008). Matematika sekolah dasar dan menengah. Jakarta: Erlangga.

Warmi, A. (2019). Pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII pada materi lingkaran. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 299-300.

Zebua, V. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal barisan dan deret ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis. Jurnal LEMMA, 6(2), 122-133.




DOI: https://doi.org/10.31002/mathlocus.v2i2.1908

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.