Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII Ditinjau dari Kepercayaan Diri

Ditaul Safitri, Maryati Maryati

Abstract


Pembelajaran matematika merupakan salah satu pembelajaran mendasar yang dipelajari. Salah satu kemampuan yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika yaitu kemampuan berpikir kreatif. Kemampuan ini harus dimiliki oleh siswa karena dapat memudahkan dalam memecahkan masalah matematika maupun dalam kehidupan sehari-hari. Agar dapat mencapai kemampuan berpikir kreatif matematis dalam pembelajaran matematika, siswa memerlukan sikap kepercayaan diri (self confidence). Sikap kepercayaan diri dibutuhkan siswa untuk memaksimalkan kemampuan yang ada dalam diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi pola bilangan kelas VIII ditinjau dari kepercayaan diri. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif dengan menganalisis tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis dilihat dari tingkat kepercayaan diri siswa. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 20 siswa kelas VIII SMPN 4 Ngawen tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi a) tes dengan cara memberikan soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis menggunakan soal pola bilangan, b) angket yang digunakan untuk mengetahui kepercayaan diri siswa, dan c) dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah siswa dengan kepercayaan diri sangat baik akan memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif (TKBK) sangat kreatif pada indikator kefasihan, keluwesan, dan kebaruan, sedangkan siswa dengan kepercayan diri baik akan memiliki tingkat kemampuan berpikit kreatif (TKBK) kreatif pada indikator kefasihan dan fleksibilitas, TKBK cukup kreatif pada indikator kebaruan dan siswa dengan kepercayaan diri kurang baik akan memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif TKBK tidak kreatif dan TKBK kurang kreatif pada indikator kefasihan.


Keywords


kemampuan berpikir kreatif matematis, kepercayaan diri, pola bilangan

Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, A. S. (2015). Eksplorasi tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII pada pembelajaran matematika setting problem based learning. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Hajar, M. S. & Minarti, E. D. (2019). Pengaruh self confidence siswa SMP terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Majamath. 2(1), 1-6.

Irawan, D. (2015). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian melalui pembelajaran model 4K ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VII. Skripsi. Universitas Negeri Malang.

Maulida, A. (2015). Keefektifan pembelajaran matematika model taba dengan strategi concept mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif dan karakter siswa kelas VIII. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Muhamad, N. (2017). Pengaruh metode discovery learning untuk meningkatkan representasi matematis dan percaya diri siswa. Jurnal Pendidikan. 9(1), 75-90.

Permendikbud no. 20 tahun 2016 tentang standar kompetensi lulusan pendidikan dasar dan menengah.

Permendikbud no. 58 tahun 2014 tentang kurikulum 2013 SMP/MTs.

Purwasih, R. (2015). Peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan self confidence siswa MTs di Kota Cimahi melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing. Didaktik. 9(1), 16-25.

Siswono, T. Y E. (2011). Level of student's creative thinking in classroom mathematics. Journal Educational Research and Review. 6(7), 548-553.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metode penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Surya, E., Putri, F. A., & Mukhtar. (2017). Improving mathematical problem-solving ability and self-confidence of high school student through contextual learning model. Journal on Mathematics Education. 8(1), 85-94.

Undang-Undang Republik Indonesia no. 20 tentang sistem pendidikan nasional. 2003. Jakarta: Depdiknas.




DOI: https://doi.org/10.31002/mathlocus.v2i1.1513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.