Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Berbasis Kontekstual pada Materi Trigonometri Ditinjau dari Perbedaan Gender

Nurul Farida Tunnajach, Gunawan Gunawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis dalam menyelesaikan soal berbasis kontekstual pada materi trigonometri ditinjau dari perbedaan gender. Indikator kemampuan pemecahan masalah matematis yang digunakan adalah memahami masalah, menyusun rencana pemecahan masalah, melaksanakan rencana penyelesaian masalah, dan melakukan pengecekan kembali. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 22 siswa kelas XI di SMA Islam Secang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Data dianalisis menggunakan rata-rata dan persentase dari hasil pengerjaan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa perempuan lebih tinggi dibandingkan siswa laki-laki. Hal ini ditunjukkan baik secara keseluruhan maupun pada tahapan tertentu. Untuk masing-masing tahapan diperoleh bahwa siswa perempuan lebih tinggi dibandingkan siswa laki-laki dalam hal kemampuan menyusun rencana pemecahan masalah, melaksanakan rencana penyelesaian masalah, dan melakukan pengecekan kembali. Namun, siswa perempuan lebih rendah dalam hal kemampuan memahami masalah.


Keywords


gender, kemampuan pemecahan masalah matematis, kontekstual, trigonometri

Full Text:

PDF

References


Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematik siswa kelas XI SMA Putra Juang dalam materi peluang. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144-153.

Anggraeni, R. & Herdiman, I. (2018). Kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMP pada materi lingkaran berbentuk soal kontekstual ditinjau dari gender. Jurnal Numeracy, 5(1), 19-28.

Apriani, E., Djadir, D., & Asdar, A. (2017). Kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari kemampuan awal matematika dan perbedaan gender. Issues in Mathematics Education, 1(1), 7-11.

Arikunto, S. (2000). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Ayuni, D. R. (2018). Profil pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan perbedaan gender pada materi geometri di kelas XI Keperawatan 1 SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Malang.

Branca, N. A. (1980). Problem solving as gal, process, and basic skills in S Krulik and R.E. Reys (Eds.). Problem Solving in School Mathematics. Washington DC: NCTM.

Davita, P. W. C. & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gender. Kreano, 11(1), 110-117.

Fitria, N. F. N., Hidayani, N., Hendriana, H., & Amelia, R. (2018). Edumatica, 8(1), 49-57.

Kariadinata, R. (2018). Trigonometri dasar. Bandung: Pustaka Setia.

Kurniawan, A., Setiawan, D., & Hidayat, W. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP berbantuan soal kontekstual pada materi geometri pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(5), 271-282.

National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: NCTM.

Nur, A. S. & Palobo, M. (2018). Profil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari perbedaan gaya kognitif dan gender. Kreano, 9(2), 139-148.

Polya, G. (1973). How to solve it, second edition. Princeton: New Jersey Princeton University Press.

Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar kepada membantu guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. Journal of Mathematics Education and Science (MES), 2(1), 58-67.

Wahyuddin, W. (2017). Analisis kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari kemampuan verbal. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 148-160.




DOI: https://doi.org/10.31002/mathlocus.v2i1.1467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.