Persepsi Mahasiswa Pendidikan Matematika Terhadap Penggunaan Platform Quizizz sebagai Media Evaluasi Hasil Belajar Berbasis Online

Lailatul Asria, Detta Ramadhania Putrie

Abstract


Akibat pandemi, evaluasi hasil belajar mahasiswa pendidikan matematika tidak dapat dilakukan secara tatap muka, sehingga hanya dapat dilaksanakan secara online. Oleh karena itu, diperlukan pengintegrasian teknologi internet pada evaluasi hasil belajar. Penggunaan platform Quizizz menjadi alternatif dalam hal ini. Namun, dalam pemanfaatan untuk selanjutnya diperlukan persepsi dari sejumlah mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa pendidikan matematika terhadap penggunaan platform Quizizz sebagai media evaluasi hasil belajar berbasis online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Adapun instrumen yang digunakan merupakan angket yang berisi 20 pertanyaan dengan empat indikator persepsi yaitu minat, perhatian, objek, dan lingkungan. Penelitian ini dilakukan bersama 51 mahasiswa pendidikan matematika Universitas Tidar yang sebelumnya menggunakan Quizizz sebagai media dalam evaluasi hasil belajar. Data angket kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan skala likert. Temuan menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa pendidikan matematika terhadap platform Quizizz sebagai media evaluasi hasil belajar berbasis online tergolong pada kriteria persepsi baik dengan masing-masing perolehan persentase minat 75,45%, perhatian 70,58%, objek 74,11%, dan lingkungan 68,21 %. Hal tersebut menunjukkan penggunaan platform Quizizz dianggap baik untuk diterapkan sebagai media evaluasi hasil belajar pada mahasiswa pendidikan matematika.


Keywords


evaluasi, persepsi, platform Quizizz

Full Text:

PDF

References


Anonim. (2018, Maret). Penetrasi dan profil perilaku pengguna internet indonesia. Buletin Assosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. 22, 1-7.

Ardiyanti, N. M. D., Mahayukti, G. A. & Sugiarta, I. M. (2020). Evaluasi proses pembelajaran matematika secara daring di SMAN Kota Singaraja. Jurnal IKA, 18(2), 136-157.

Asria, L., Sari, D. R., Ngaini, S. A., Muyasaroh, U. & Rahmawati, F. (2021). Analisis antusiasme siswa dalam evaluasi belajar menggunakan platfrom quizizz. Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 1-17.

Dewi, G. & Nur, L. (2014). Pembelajaran vokal grup dalam kegiatan pembelajaran diri di SMPN 1 Panumbangan Ciamis. Universitas Pendidikan Indonesia.

Hamandia, M. R. & Jannati, Z. (2020). Penerapan komunikasi nonverbal: Sebuah alternatif dalam peningkatan perhatian mahasiswa pada proses pembelajaran. Jurnal Komunikasi Islam dan Kehumasan (JKPI), 4(1), 75-89.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 17(1), 66-79.

Kalahatu, M. F. (2021). Persepsi peserta pelatihan dasar terhadap penggunaan quizizz sebagai metode evaluasi pembelajaran. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(01), 163-178.

Kartika, O. T. (2014). Pengaruh kualitas informasi, kemampuan individual dan norma subyektif terhadap minat mahasiswa dalam menggunakan internet sebagai sumber pustaka dalam penyelesaian tugas-tugas kuliah (survey di Universitas Sebelas Maret Surakarta). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kawet, R. S. (2017). Pengaruh metode pembelajaran dan minat belajar mahasiswa terhadap hasil belajar manajemen konstruksi. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 19(3), 224-239.

Kurniawan, M. C. D. & Huda, M. M. (2020). Pengaruh penggunaan quizizz sebagai latihan soal terhadap hasil belajar siswa kelas V SD. Jurnal Pena Karakter, 3(1), 37-41.

Linarwati, M., Fathoni, A. & Minarsih, M. M. (2016). Studi deskriptif pelatihan dan pengembangan sumberdaya manusia serta penggunaan metode behavioral event interview dalam merekrut karyawan baru di bank mega cabang kudus. Journal of Management, 2(2).

Purba, L. S. L. (2020). The effectiveness of the quizizz interactive quiz media as an online learning evaluation of physics chemistry 1 to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1567(2), 1-4.

Rahayu, I. S. D. & Purnawarman, P. (2019). The use of quizizz in improving students’ grammar undestanding through self-assessment. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 254, 102-106.

Riduwan. (2007). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sudijono. (2014). Pengantar statistik pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tiwijayanti, R. & Pramono, M. (2020). Antusiasme siswa remaja terhadap upaya pelestarian budaya melalui permainan olahraga tradisional di museum negeri Jawa Timur Mpu Tanular. Jurnal Kesehatan Olahraga, 8(3), 105-110.

Walgito, B. (2010). Pengantar psikologi umum. Yogyakarta: CV. Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.31002/mathlocus.v2i1.1466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.