Metode Infografis dalam Trigonometri Melalui Pembelajaran Daring Quizizz untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas XI

Nisa Nur Hidayati, Latifa Nur Aini, Aurora Novianty, Tri Astutiningsih, Trisia Br Manurung

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat membantu pendidik menciptakan media pembelajaran yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran, khususnya pada masa pandemi COVID-19. Dalam menentukan media pembelajaran ini, pendidik membutuhkan kompetensi dan wawasan yang cukup. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan data berupa teknik tes yang bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman pada belajar matematika subbab trigonometri melalui hasil belajar subjek. Penelitian ini menggunakan dua tes yaitu pre-test dan post-test melalui media Google Form dan Quizizz dengan infografis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sei Suka. Data penelitian ini adalah tabel yang berisi nilai siswa dengan rentang yang ditentukan berdasarkan nilai pre-test dan post-test. Dari data tersebut, kemudian dibandingkan antara hasil tes menggunakan Google Form dan Quizizz yang disertai infografis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode Quizizz dengan infografis berhasil diterapkan pada pembelajaran trigonometri. Melalui infografis siswa lebih tertarik untuk mempelajari materi, menghafal rumus-rumus trigonometri, dan meningkatkan daya ingat siswa terhadap rumus matematika yang disertai ilustrasi gambar.


Keywords


Infografis; Media Pembelajaran; Quizizz; Trigonometri

Full Text:

PDF

References


Alfianika, N. (2018). Buku ajar metode penelitian pengajaran bahasa indonesia. Yogyakarta: Deepublish.

Anggraini, N. & Masykur, R. (2018). Modul matematika berdasarkan model pembelajaran problem based learning materi pokok trigonometri. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 217-218.

Arigia, M. B., Damayanti, T., & Sani, A. (2016). Sebagai media dalam meningkatkan pemahaman dan keterlibatan publik Bank Indonesia. Jurnal Komunikasi, 8(2), 120-133.

Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat Sekolah Dasar pada masa pandemi Covid-19. LAMPUHYANG, 11(2), 13-25.

Batubara, H. H. (2016). Penggunaan google form sebagai alat penilaian kinerja dosen di prodi PGMI UNSIKA Muhammad Arsyad Al Banjari. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 40-41.

Costa, M. (2013). Choosing the right assessment method: Pre-test/post-test evaluation, Boston University, Cabrillo Colleges SLO websites.

Djuhara, R. F. A. (2020) Analisis pembelajaran daring melalui google classroom pada pembelajaran ekonomi bisnis kelas X administrasi perkantoran SMK Prakarya Internasional Bandung. (Skripsi). FKIP UNPAS.

Effendy, I. (2016). Pengaruh pemberian pre-test dan post-test terhadap hasil belajar mata diklat HDW.DEV.100.2.A pada siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro,1(2), 81-88.

Khairani, M. D. (2016). Pengembangan media pembelajaran dalam bentuk macromedia flash materi tabung untuk SMP Kelas IX. Jurnal Ipteks Terapan, 10(2), 95-102.

Kusuma, Y. A. (2020). Efektivitas penggunaan aplikasi quizizz dalam pembelajaran daring (online) fisika pada materi usaha dan energi X MIPA SMA Masehi Kudus tahun pelajaran 2019/2020. (Skripsi diterbitkan). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Miftah, M. N., Edwin, R., & Rully, K. A. (2016). Pola literasi visual infografer dalam pembuatan informasi grafis (infografis). Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 4(1), 87.

Mulyani, M. & Muhtadi, D. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri tipe higher order thinking skill ditinjau dari gender. JJPM, 12(1), 1-16.

Mulyati, S. & Efendi, H. (2020). Pembelajaran matematika melalui media game quizizz untuk meningkatkan hasil belajar matematika SMP 2 Bojonegara. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 66-67.

Nurwani, Rizki, W. Y. P., & Fredi, G. P., N. W. P. (2017). pengembangan desain didaktis bahan ajar materi pemfaktoran bentuk aljabar pada pembelajaran matematika SMP. Numerical, 1(2), 193-206.

Purba, L. S. (2019). Peningkatan konsentrasi belajar mahasiswa melalui pemanfaatan evaluasi pembelajaran quizizz pada mata kuliah kimia fisika I. JDP. 12(1), 29-30.

Putra, R. W. Y. (2016). Pengembangan bahan ajar materi trigonometri berbantuan software iMindMap pada Siswa SMA. Aljabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 39-47.

Rahmawati, F., & Shomad, Z. A. (2019). Analisis hambatan proses pembelajaran siswa tunagrahita di kelas inklusi. Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Syahrir, S. & Susilawati, S. (2015). Pengembangan modul pembelajaran matematika siswa SMP. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 1(2), 162-171.

Susetyo, H. R., Bahruddin, M., & Windarti, T. (2015). Efektivitas infografis sebagai pendukung mata pelajaran IPS pada siswa siswi kelas 5 SDN Kepatihan di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Desain Komunikasi Visual STIKOM, 4(1).

Tobing, M. & Admoko, S. (2017). Pengembangan media infografis pada materi pemanasan global untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 19 Surabaya. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 6(3), 200.




DOI: https://doi.org/10.31002/mathlocus.v1i2.1172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.