Identifikasi Tingkat Keaktifan Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika Melalui Daring pada Masa Pandemi Covid-19

Siti Rohmatul Fitriani, Emerald Kristalia Dewi, Hemas Nabila Ardelia Arrofat, Mydha Lunica

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat keaktifan siswa saat melakukan pembelajaran daring di masa pandemi ini. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Siswa yang menjadi subjek dan berpartisipasi dalam penelitian ini adalah 50 siswa SMP di Kabupaten Temanggung, terdiri dari 34 perempuan dan 16 laki-laki. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket yang sesuai dengan indikator keaktifan siswa dan observasi dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran tersebut terdapat beberapa siswa yang sangat aktif, aktif, kurang aktif, dan tidak aktif. Hal ini ditunjukkan dengan hasil persentase, yaitu siswa sangat aktif adalah 38%, siswa aktif adalah 32%, siswa kurang aktif adalah 16%, dan siswa tidak aktif adalah 14%.


Keywords


Keaktifan Siswa; Pembelajaran Daring; Pembelajaran Matematika

Full Text:

PDF

References


Ali, S. & Afreni, H. (2020). Pembelajaran daring di tengah wabah covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi (BIODIK), 6(2), 214-224.

Asmuni. (2020). Problematika pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 dan solusi pemecahannya. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(4), 281-288.

Bilfaqih, Y. & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi pengembangan pembelajaran daring. Yogyakarta: Deepublish.

Marbun, P. (2020). Disain pembelajaran online pada era dan pasca covid-19. CSRID Journal, 12(2), 129-142.

Mardiyan, R. (2012). Peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran akuntansi materi jurnal penyesuaian siswa kelas 3 SMA Negeri 3 Bukittinggi dengan metode bermain peran (role playing). Pakar Pendidikan. 10(2)

Nurkholis, N. (2013). Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. Jurnal Kependidikan, I(1), 24-44.

Putra, F. G. (2017). Ekperimentasi pendekatan kontekstual berbantuan Hands on Activity (HoA) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik. Al-jabar: Jurnal Pendidikan Matemtaika, 8(1), 73-80.

Rahmawati, F. (2018). Pembelajaran matematika pada siswa remaja dengan kebutuhan khusus di sekolah inklusi. Indonesian journal of mathematics education, 1(1), 53-58.

Ramlah, Dani, F. & Hamzah, Z. (2014). Pengaruh gaya belajar dan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar matematika (Survey pada SMP Negeri di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang). Jurnal Ilmiah Solusi, 1(3), 68-75.

Rofi'ah, F. & Sutama. (2020). Revolusi pembelajaran dalam matematika sebagai konsekuensi dari implementasi physical distancing. Jurnal Varidika: Kajian Penelitian Pendidikan, 32(1), 70-79.

Sidiq, M. (2012). Upaya peningkatan keaktifan belajar matematika siswa pada pokok bahasan bangun datar (segi empat) melalui penerapan model participative teaching and learning (PTK di kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gatak Sukoharjo). Doctoral disertation. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Jurusan Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Suciati. (2020). Peningkatan kreatifitas dan inisiatif guru melalui model pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 79-85.

Sukmadinata, N. S. (2010). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syahrir. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika SMP untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 2(1).

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta: Depdiknas.

Wahyu, A. (2020). Dampak covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2 (1), 55-61.

Wahyuni, S. & Reswita, R. (2020). Pemahaman guru mengenai pendidikan sosial finansial pada anak usia dini menggunakan media loose part. Jurnal Obsesi, 4(2), 962-970.

Wibowo, N. (2016). Upaya peningkatan keaktifan siswa melalui pembelajaran berdasarkan gaya belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics and Vocational Education, l(2), 128-13.

Yani, F. Irfan, F. & Mia, Z. (2020). Motivasi belajar mahasiswa pada pembelajaran daring selama pandemik covid-19. Jurnal Kependidikan, 6(2), 165-179.

Yolanda, D. & Annisa, R. (2012). Model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Banjarnegara tahun ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1), 162-180.

Yuniarti, R. & Hartati, W. (2020). Persepsi mahasiswa tentang penerapan e-learning pada masa darurat covid-19. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6 (2), 158-167.




DOI: https://doi.org/10.31002/mathlocus.v1i2.1084

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.