Peran Serta Orang Tua dalam Proses Pembelajaran Matematika dengan E-Learning di Masa Pandemi Covid-19

Rossa Isnaeni Mutik, Nur Annisa Firdaus, Ema Amalia Shaliha, Elsa Khotimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam membimbing proses pembelajaran matematika dengan e-learning di masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen non-tes berupa angket yang terdiri dari  penelitian ini terdiri 30 orang peserta didik pada jenjang SMP beserta 30 orang tua. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan menyajikan data, menganalisis data, kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam mendampingi anak saat pembelajaran matematika dengan e-learning adalah sebagai fasilitator, motivator, pendampingan, dan guru utama. Minimnya pengetahuan yang dimiliki oleh orang tua menjadi faktor penghambat dalam proses pembelajaran e-learning ini.


Keywords


Pandemi Covid-19; Pembelajaran E-Learning; Peran Orang Tua

Full Text:

PDF

References


Andriyani, I. N. (2018). Pendidikan anak dalam keluarga di era digital. Fikrotuna: Jurnal Pendidikan dan Management Islam, 7(1), 789-803.

Cahyati, N. & Kusumah, R. (2020). Peran orang tua dalam menerapkan pembelajaran di rumah saat pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(1), 152 – 159.

Dina, L. N. A. (2020). Respon orang tua terhadap pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 45-52.

Haerudin, dkk. (2020). Peran orang tua dalam membimbing anak selama pembelajaran di rumah sebagai upaya memutus Covid-19. Jurnal Universitas Singaperbangsa, 7(1), 1 – 12.

Iftitah, S. L. & Anawaty, M. F. (2020). Peran orang tua dalam mendampingi anak di rumah selama pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71-81.

Karnawati & Mardiharto. (2020). Sekolah minggu masa pandemi Covid-19: Kendala, solusi, proyeksi. Jurnal STT Simpson, 1(1), 13-24.

Lestari, A. & Gunawan. (2020). The impact of Covid-19 pandemic on learning implementation of primary and secondary school levels. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, 1(2), 58-63.

Mastura & Santaria, R. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap proses pengajaran bagi guru dan peserta didik. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(2), 289 – 295.

Nugrahani, F. (2014). Metode penelitian kualitatif. Solo: Cakra Books.

Nurlaeni, N. & Juniarti, Y. (2017). Peran orang tua dalam mengembangkan kemampuan bahasa pada anak usia 4-6 tahun. Jurnal Pelita PAUD, 2(1), 51–62. DOI: https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v2i1.196.

Purwanto, S. E. & Kurniasih, M. D. (2018). PKM pendampingan orang tua membimbing matematika anak di Jatiluhur Kota Bekasi. Jurnal SOLMA, 7(1), 120 – 126.

Prasojo, L. D. & Riyanto. (2011). Teknologi informasi pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Rahmawati, F. & Sugiman. (2015). Komparasi kemampuan penalaran peserta didik kelas VIII antara model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan Two Stay-Two Stray (TS-TS). Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY, 533 – 538.

Rahmawati, S., Sumartono, Bambang, G., & Rustivarso. (2013). Pengaruh penghasilan orang tua terhadap pendidikan anak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(5), 1-11.

Reskia, S., Herlina, & Zulnuraini (2012). Pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar peserta didik di SDN Inpres 1 Birobuli. Elementary School of Education E-Journal, 2(2), 82 – 92.

Rigianti, H. A. (2020). Kendala pembelajaran daring guru sekolah dasar di kabupaten Banjarnegara. Elementary School, 7(2), 297–302.

Riswanda, S. H. & Sumardi. (2020). Komunikasi matematika, persepsi pada mata pelajaran matematika, dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2), 84–93.

Santoso, E. (2010). Pengaruh pembelajaran online terhadap prestasi belajar kimia ditinjau dari kemampuan awal peserta didik. Tesis. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Umar, M. (2015). Peranan orang tua dalam peningkatan prestasi belajar anak. Jurnal Edukasi (Media Kajian Bimbingan Konseling), 1(1), 20–28.

Valerisha, A. & Putra, M. A. (2020). Pandemi global COVID-19 dan problematika negara-bangsa: Transparansi data sebagai vaksin socio-digital. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, DOI: https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3871.131-137.

Valeza, A. R. (2017). Peran orang tua dalam meningkatkan prestasi anak di Perum Tanjung Raya Permai Kelurahan Pematang Wangi Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung.

Wardani, A. & Ayriza, Y. (2020). Analisis kendala orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772 – 782.

Wardhani, T. Z. Y. & Krisnani, H. (2020). Optimalisasi peran pengawasan orang tua dalam pelaksanaan sekolah online di masa pandemi Covid-19. Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 48-59.

Zellatifanny, C. M. & Mudjianto, B. (2018). Tipe penelitian deskripsi dalam ilmu komunikasi. Jurnal Diakom: Jurnal Media dan Komunikasi, 1(2), 83 – 90.




DOI: https://doi.org/10.31002/mathlocus.v1i2.1083

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.