Deskripsi Literasi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Kemandirian Belajar

Wanda Nugroho Yanuarto, Laila Nur Qodariah

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto ditinjau dari kemandirian belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII D dengan menggunakan teknik purposive sampling. Siswa dikelompokan kedalam 3 kelompok yaitu kelompok kemandirian belajar tinggi, kelompok kemandirian belajar sedang, dan kelompok kemandirian belajar rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket kemandirian belajar, tes kemampuan literasi matematika, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemandirian belajar tinggi cenderung mampu merumuskan masalah, menggunakan konsep matematika, fakta, prosedur dan penalaran, serta mampu menafsirkan, menerapkan, dan mengevaluasi hasil yang diperoleh. Siswa dengan kemandirian belajar sedang mampu merumuskan masalah dan menggunakan konsep matematika, fakta, prosedur, dan penalaran terhadap masalah yang diberikan. Siswa dengan kemandirian belajar rendah cenderung belum mampu memenuhi indikator kemampuan literasi matematika.


Keywords


Kemandirian Belajar; Literasi Matematis; Matematika

Full Text:

PDF

References


Bolstad, J.O., & Jenssen, Y.K. (2017). Students’ autonomy learning to the processing mathematics problems. Journal of Education and Sciences, 3(3), 119-130.

Boney, I.T. (2017). How teaching and learning autonomy can improve the students’ ability in mathematics process. Journal of Management and Learning, 4(10), 76-89.

Cakiki, D. (2015). Autonomy in language teaching and learning process. Inonu Universitesi eghtim Fakultesi Dergisi, 16(1), 31-42.

Charles, R.G. (2017). The analysis of students’ motivation in learning. Journal of Education and Learning, 4(4), 311-324.

Eviliana, J.K. (2019). Literasi matematis dan kemandirian belajar dalam geometri. Jurnal Pendidikan dan Literasi, 4(4), 44-57.

Johnson, O.T. (2018). Learning autonomy and its impact to learning in class. Journal of Physic and Education, 5(3), 33-45.

Klane, D.E., & Betrand, I.P. (2019). Mathematics and learning autonomy in social sciences. Journal of Methodology and Pedagogy, 3(4), 566-578.

Malta, I.P., & Jessica, J.H. (2016). Mathematics literacy and contributing to the learning process. Journal of Qualitative Education, 2(3), 245-254.

Martha, D., & Bella, K. (2019). Learning autonomy and learning processes. Journal of Technology and Education, 3(3), 89-97.

Martin, K.E., & George, L.M. (2018). Motivation and autonomy in learning. Mathematics Education Journal, 32(1), 335-346.

Miles, & Hubberman. (2014). Qualitative data analysis: a methods sourcebook (Ed.3). Los Angels: Sage Publishing.

OECD. (2018). Successful school in testing times. Los Angels, USA: Sparx.

Sandra, U.E., & Mills, W.J. (2018). Mathematics autonomy in learning class. Journal of Education Learning, 3(1), 334-346.

Sugeha, S. (2018). Kemandirian siswa dan literasi matematis dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan dan Literasi, 3(4), 32-41.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung, Indonesia: Alfabeta, CV.

Tanti, I.D., & Surya, D.J. (2018). Kesulitan belajar siswa dan pemecahan masalah yang diberikan pada pembelajaran. Jurnal Menejemen Pendidikan, 2(4), 21-34.

Talis, K.J. (2019). Education and skills. New York, USA: OECD Publishing.

Tuner, J.P., & Stacey, A.E. (2015). Mind mapping into differenciate the learning style. Journal of Pedagogy in Teaching, 5(4), 56-67.

Turner, D., & Bold, T.W. (2018). Mathematics learning autonomy and impacting to the students’ ability. Journal of Process and Learning Goals, 4(1), 33-45.




DOI: https://doi.org/10.31002/mathlocus.v1i2.1070

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.