Kualitas Kedisiplinan Pegawai Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Magelang

David Ardhi Bagaskara, Hanung Eka Atmaja

Abstract


Disiplin merupakan salah satu aspek penting bagi pertumbuhan organisasi. Baik lembaga swasta maupun lembaga pemerintah membutuhkan disiplin pegawai yang berkualitas baik karena kedisiplinan memiliki peran penting dalam meningkatkan pelayanan. Objek penelitian yang digunakan adalah salah satu kantor instansi pemerintah yang bergerak di bidang pertanahan.. Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Magelang dipilih oleh penulis karena pada Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Magelang, penulis melakukan magang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas kedisiplinan karyawan Dinas Pertanahan Nasional Kabupaten Magelang. Analisis deskriptif dengan metode kualitatif digunakan sebagai teknik analisis data.  Observasi, wawancara, dan studi pustaka digunakan sebagai teknik pengumpulan data dalam penelitian ini. Penelitian ini berguna untuk mengetahui kualitas disiplin pegawai dan sebagai bahan evaluasi bagi Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Magelang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas kedisiplinan karyawan Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Magelang masih belum optimal.

 


Keywords


Pelayanan Publik; Kualitas Disiplin; Badan Pertanahan Nasional

Full Text:

PDF

References


Buku

Peraturan Presiden Nomer 63 Tahun 2013 Tentang Badan Pertanahan Nasonal Republik Indonesia.

Peraturan Presiden Nomer 17 Tahun 2015 Tentang Kementerian Agraria dan Tata Ruang.

Jurnal

Akay, Reseal, Johannis E. Kaawoan, and Fanley N. Pangemanan. 2021. “Disiplin Pegawai Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Tikala.” Jurnal Governance 1(1):1–8.

Gofur, Abdul. 2019. “KEPUASAN PELANGGAN Abdul Gofur.” Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultaskultas Ekonomi UNIAT 4(1):37–44.

Hamid, Hendrawati, and Kurniawaty. 2020. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan,Motivasi, Dan Disiplin Kinerja.” Ilmu Dan Riset Manajemen 4(1):58–67.

Irawati, Dini, Nanat Fatah Natsir, and Erni Haryanti. 2021. “Positivisme , Pospositivisme , Teori Kritis , Dan.” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 4(8):870–80.

Isvandiari, Any, and Bagus Al Idris. 2018. “Pengaruh Kepemimpinan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Central Capital Futures Cabang Malang.” Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia 12(1):17–22. doi: 10.32812/jibeka.v12i1.7.

Jufrizen, and Fadilla Puspita Hadi. 2021. “Pengaruh Fasilitas Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Motivasi Kerja.” Jurnal Sains Manajemen 7(1):35–54.

Mahfud, Mahfud. 2020. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Dan Displin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Se-Kota Bima.” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial 2(1):1–17.

Novadi, Ilham Nur, and Nina Aini Mahbubah. 2021. “Evaluasi Kualitas Pelayanan Pelanggan Berbasis Integrasi Servqual – Six Sigma Di Kuma Coffee and Eatery Kabupaten Gresik.” Jurnal Sains Dan Teknologi: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Teknologi Industri 21(2):302. doi: 10.36275/stsp.v21i2.423.

Nurgiansah, T. Heru. 2020. “Fenomena Prostitusi Online Di Kota Yogyakarta Dalam Perspektif Nilai Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab.” Jurnal Kewarganegaraan 17(1):27. doi: 10.24114/jk.v17i1.14208.

Purnomo, Sigit. 2021. “Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Disiplin Kerja Karyawan Pada PT Dwida Jaya Tama.” Jurnal Ilmiah PERKUSI 1(4):540. doi: 10.32493/j.perkusi.v1i4.13394.

Rowena, Janny, Fuji Rahayu Wilujeng, and Glisina Dwinoor Rembulan. 2020. “Pengaruh Kualitas Layanan Dalam Menciptakan Kepuasan Publik Di Kantor Pelayanan Publik, Jakarta Utara.” JIEMS (Journal of Industrial Engineering and Management Systems) 13(1):27–34. doi: 10.30813/jiems.v13i1.2083.

Zainuri, and Mundakir. 2018. “Pengaruh Kompensasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening.” BMAJ: Business Management Analysis Journal 1(1):26–36.

Zamroni, Afifuddin, and Roni p Widodo. 2019. “Kualitas Pelayanan Publik Pada Pelayanan Kependudukan Dan Catatan Sipil Di Kantor Keluran Dinoyo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang (Studi Kasus Pada Kantor Kelurahan Dinoyokecamatan Lowokwaru Kota Malang).” Respon Publik 13(2):75–82.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JOURNAL OF MARCH "MANAGEMENT RESEARCH"

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Universitas Tidar, Fakultas Ekonomi
Jalan Kapten Suparman, No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara.
Kode Pos: 56116
Telp (0293) 364113
Website: fe.untidar.ac.id