Analisis SWOT Terhadap Kinerja Guru Selama Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Guru Madrasah Ibtidaiyah Sullamul Huda Puncel)

Imroatun Khasanah, Dian Marlina Verawati

Abstract


Tujuan penelian ini adalah untuk mengetahui kinerja guru selama pembelajaran daring saat pandemic covid-19 pada guru Madarasah Ibtidaiyah Sullamul Huda Puncel. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan studi literatur terhadap semua guru Madrasah Ibtidaiyah Sullamul Huda Puncel yang berjumlah 15 responden. Alat analisis yang digunakan adalah analisis SWOT yang terdiri dari strengths, weakness, opportunities dan threats untuk mengetahui matriks intenal factor evaluations (IFE) dan matriks eksternal factor evaluations (EFE) serta matrik SWOT sebagai alat untuk menyusun faktor-faktor strategis pada sebuah organisasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai IFE sebesar 2,98 dan EFE sebesar 2,41. Letak kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah berada pada kuadran I yang menunjukkan kalau situasinya menguntungkan karena memiliki peluang dan kekuatan sehingga bisa memanfaatkan potensi kinerja yang dimiliki untuk berada pada posisi rata-rata. Adapun kinerja guru sudah baik karena dalam proses pembelajaran dapat menggunakan media yang ada seperti whatsapp grup, zoom, google form dan youtube. Namun dalam hal penyampaian materi dan kreativitas serta inovasi seorang guru kurang maksimal karena terdapat beberapa siswa yang tidak paham terkait materi yang disampaikan serta merasa bosan saat pembelajaran berlangsung.

Keywords


Analisis Swot; Kinerja Guru; Pembelajaran Daring

Full Text:

PDF

References


Busyra, S., & Sani, L. (2020). Kinerja Mengajar dengan Sistem Work From Home (WFH) pada Guru di SMK Purnawarman Purwakarta. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 1–16. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.51

Inpres, S. D., Kecamatan, T., Kabupaten, M., & Londa, V. Y. (2021). KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI MASA PANDEMI COVID-19 Studi di SD Inpres Tateli Kecamatan Mandolang Kabupaten Minahasa. Jurnal Administrasi Publik, 7(99), 1–11.

Riadin, A., Jailani, M., & Qudsiyah, U. (2020). Optimalisasi Kompetensi Dan Kinerja Guru Ekonomi Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemic Covid-19 Berbasis ICT. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri, 4(6), 1219–1261.

Rizki, K. H. (2021). (1981). ANALISIS SWOT RENCANA PEMBELAJARAN LURING DAN DARING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 3 DI SEKOLAH DASAR NEGERI TLOGOMAS 2. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Malang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, Dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97. https://doi.org/10.48094/raudhah.v1i1.10

Sudrajat, J. (2020). Kompetensi Guru Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 100–110.

Tri, S. R. C. (2020). Pengaruh Work From Home (WFH) Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Dengkek 01 Pati Selama Masa Pandemi Covid-19. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 424–437.

David, Freddy R. (2015) Personal SWOT Analysis. Gramedia Utama: Jakarta

Arrosyd, Ilham Mohamad Rijal dan Rizman Usman (2020) Analisis Kekuatan dan Kelemahan dalam Pembelajaran Daring Fakultas Sastra Universitas Negri Malang. Journal Deutsch als Fremdsprache in Indonesien. 4(2), 12-19

Handarini, Oktavia Ika (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran. 8(3), 496-503. E-ISSN 23389621


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JOURNAL OF MARCH "MANAGEMENT RESEARCH"

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Universitas Tidar, Fakultas Ekonomi
Jalan Kapten Suparman, No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara.
Kode Pos: 56116
Telp (0293) 364113
Website: fe.untidar.ac.id