Analisis Pengukuran Kinerja Karyawan Setelah Terjadinya Megaskandal Jiwasraya Dengan Metode Balanced Scorecard (Studi Kasus Di Pt. Asuransi Jiwasraya (Persero) Cabang Magelang)

Muhammad Faiz Dwitama, Andhatu Achsa

Abstract


Untuk meminimalisasi risiko yang dapat terjadi dan menimbulkan kerugian, kita membutuhkan perlindungan (proteksi). Salah satu produk keuangan yang biasa digunakan untuk meminimalisasi risiko yaitu asuransi. Terdapat banyak macam jenis asuransi, misal; asuransi jiwa, asuransi kendaraan, asuransi pendidikan, asuransi kesehatan, asuransi finansial dan lain sebaginya. PT. Asuransi Jiwasraya (Persero), salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menawarkan produk asuransi jiwa. Korporasi ini pada awalnya didirikan di Indonesia pada zaman penjajahan Belanda pada tahun 1859 dan dikenal sebagai Nederlandsch Indiesche Levensverzekering en Liffrente Maatschappij atau disingkat NILLMIJ. Setelah kemerdekaan Indonesia, NILLMIJ kemudian dinasionalisasikan pada tahun 1960 dan diberi julukan baru yaitu PT. Pertanggungan Djiwa Sedjahtera. Setelah berkali-kali berganti julukan kemudian jadilah PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) yang kita kenal saat ini. Pada akhir tahun 2019 terungkap kasus Megaskandal Jiwasraya yang melibatkan beberapa petinggi PT. Asuransi Jiwasraya (Persero). Kasus Megaskandal ini juga menimbulkan kerugian hingga belasan triliun rupiah. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini ialah untuk mengetahui kinerja karyawan setelah terjadinya kasus Megaskandal Jiwasraya tersebut. Penelitian menggunakan jenis data kualitatif deskriptif melalui wawancara. Metode yang digunakan yaitu dengan pendekatan balanced scorecard. Hasilnya menunjukkan ada penurunan kinerja karyawan yang menyebabkan produksi jadi terhambat. Para agen kesulitan untuk berproduksi karena penurunan kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan. Namun setidaknya ada usaha untuk memperbaiki dari pihak internal perusahaan.

Keywords


Asuransi; Kinerja; Jiwasraya

Full Text:

PDF

References


Aulia, D., & Ikhwana, A. (2012). Perencanaan Strategi Pengembangan Usaha Kain Tenun Sutra dengan Pendekatan Metode Balanced Scorecard (Studi Kasus Di Pabrik Sutra Tiga Putra). Jurnal Kalibrasi Sekolah Tinggi Teknologi Garut, 10(1), 1–12. http://jurnal.sttgarut.ac.id

Fitriani, Y. (2020). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Perkembangan Bayi Di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Begalung Padang. Administration & Health Information of Journal, 1(1), 10–18.

Hasanah, H. (2016). Teknik-teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21–46. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Kompas. (2020a). 5 Fakta Baru Kasus Jiwasraya, Laba Semu hingga Janji Jaksa Agung Ungkap Tersangka. https://nasional.kompas.com/read/2020/01/09/07172091/5-fakta-baru-kasus-jiwasraya-laba-semu-hingga-janji-jaksa-agung-ungkap

Kompas. (2020b). OJK: Permasalahan Jiwasraya Mulai Terlihat sejak Audit Laporan Keuangan 2017. https://money.kompas.com/read/2020/01/23/080200626/ojk--permasalahan-jiwasraya-mulai-terlihat-sejak-audit-laporan-keuangan-2017

Latief, B. (2012). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan PT. Mega Mulia Servindo di Makasar. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 1.

Lukman Nul Hakim. (2013). Ulasan Metodologi Kualitatif: Wawancara Terhadap Elit. Aspirasi, 4(2), 165–172. https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/501

Mamesah, A. M. C., Kawt, L., & Lengkong, V. P. K. (2016). Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, Dan Loyalitas Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada LPP RRI Manado. Jurnal EMBA, 4(3), 600–611. https://doi.org/10.35794/emba.v4i3.14294

Nurnaningsih, S., & Wahyono. (2017). Pengaruh Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Melalui Organizational Citizenship Behavior (OCB) Sebagai Variabel Intervening. Economic Education Analysis Journal (EEAJ), 6(2), 365–378.

Pratama, S. A., Hakam, M. S., & Nurtjahjono, G. E. (2015). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada karyawan PT. Asuransi Jiwasraya Persero Regional Office Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 25(1), 1–8.

Robiansyah, Syaharuddin, & Sampelling, A. (2017). Kinerja Agen Sebagai Pemediasi Dalam Hubungan Antara Dayatarik Program Insentif dan Keinginan Berpindah Agen Asuransi Jiwa di Samarinda. Prosiding SNMEB (Seminar Nasional Manajemen Dan Ekonomi Bisnis), 1, 232–238. https://doi.org/10.29264/PROSIDING SNMEB.V0I0.3069

Sudrajat, S. M. N. I., Rosyid, A., & Bambang, A. N. (2014). Analisis Teknis dan Finansial Usaha Penangkapan Ikan Layur (Trichiurus sp) Dengan Alat Tangkap Pancing Ulur (Handline) di Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu Sukabumi. Journal of Fisheries Resources Utilization Management and Technology, 3(3), 141–149.

Suwondo, D. I., & Sutanto, E. M. (2015). Hubungan Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, Dan Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan (JMK), 17(2), 135–144. https://doi.org/10.9744/jmk.17.2.135

Tjokrowibowo, L. (2013). Analisis Pengaruh Citra Perusahaan Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Rangka Membangun Minat Transaksi Ulang (Studi PT. Philip Securities Indonesia Cabang Semarang). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, XII(2), 149–156. https://doi.org/10.14710/jspi.v12i2.149

Yunarwati, A., Darma, Y. D., & Nadriana, F. (2019). Analisa Kinerja Usaha UMKM Percetakan SMC Lippo Cikarang Ditinjau Dari Model Balanced Scorecard. Jurnal Manajemen Pelita Bangsa, 4(9), 42–56. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JOURNAL OF MARCH "MANAGEMENT RESEARCH"

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Universitas Tidar, Fakultas Ekonomi
Jalan Kapten Suparman, No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara.
Kode Pos: 56116
Telp (0293) 364113
Website: fe.untidar.ac.id