PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU TERHADAP EKUITAS MEREK COFFEE SHOP JANJI JIWA di MAGELANG

Ayu Permata Kusuma Wardhani, Budi Rahardjo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Indikator Komunikasi Pemasaran Terpadu terhadap Ekuitas Merek pada Coffee Shop Janji Jiwa di Magelang, dengan variabel Iklan, Promosi Penjualan, Penjualan Pribadi, Hubungan Masyarakat dan Pemasaran Langsung sebagai variabel independen, sementara Ekuitas Merek sebagai variabel dependen. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data. Kuesioner yang telah lolos uji validitas dan reliabilitas dibagikan kepada 100 responden yang merupakan pelanggan Coffee Shop Janji Jiwa di Kota dan Kabupaten Magelang. Penentuan sampel dilakukan dengan metode quota sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah mengunakan aplikasi pengolah data SPSS versi 25 dan dianalisis menggunakan Uji Asumsi Klasik dan Uji Regresi Linier Berganda. Hasil analisis variabel X1, X4 dan X5 menunjukan bahwa nilai signifikansi variabel > 0,05, sehingga variabel Iklan, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung tidak berpengaruh secara signifikan tehadap ekuitas merek. Analisis variabel X2 dan X3 memiliki nilai signifikansi < 0,05, sehingga variabel promosi dan penjualan pribadi berpengaruh positif signifikan tehadap ekuitas merek. Hasil analisis juga menunjukan bahwa nilai R pada Koefisien Determinasi sebesar 0.793 yang berarti Indikator Komunikasi Pemasaran Terpadu memiliki pengaruh terhadap Ekuitas Merek sebesar 79,3%. Hasil Uji juga menunjukkan nilai Adjusted R Square 0.609 berarti kekuatan variabel X1, X2, X3, X4, dan X5 terhadap variabel Y sebesar 60,9%, sisanya dipengaruhi variabel lain.

Keywords


Ekuitas Merek; Komunikasi Pemasaran Terpadu; Coffee Shop

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistika. 2021. “Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin di Provinsi Jawa Tengah, 2020.” Berita Resmi Statistik, 8 April 2021. Diakses pada 20 September 2021.

https://jateng.bps.go.id/statictable/2021/04/08/2212/jumlah-penduduk-menurut-kelompok-umur-dan-jenis-kelamin-di-provinsi-jawa-tengah-2020.html

Databoks.katadata.2020. “Konsumsi kopi domestik di indonesia terus meningkat selama 5 tahun terakhir”. Data publish, 24 November 2020. Diakses pada 20 September 2021. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/24/konsumsi-kopi-domestik-di-indonesia-terus-meningkat-selama-5-tahun-terakhir

EuromonitorPassport,November 2016, Consumer Lifestyles In Indonesia

Fauzi, R. U. A. 2017. “Pengaruh Harga Dan Free Wi-Fi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Angkringan Di Kecamatan Karas Kabupaten Magetan”. Jurnal Aplikasi Bisnis, 17(2), 62-74.

Hanandre, Y. T., & Widyawati, N.2016. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Di Starbucks Galaxy Mall Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 5(6).

Jaya, R. S., & Susanti, F.2019. Pegaruh integrated marketing communication terhadap brand equity pada mcdonalds a. Yani padang.

Kartikasari, N. P.2014. Pengaruh komunikasi pemasaran terpadu terhadap ekuitas merek. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 162-167.

Keller, K. L., Parameswaran, A. M. G., & Jacob, I.2015. Strategic brand management: Building, measuring, and managing brand equity (Indian Subcontinent Edition). Tamil Nadu.

Kotler, P., Keller, K. L., Manceau, D., & Dubois,B.2016.MarketingManagement,15édition.New Jersy: Pearson Education.

Kotler T. Philip, Gary Armstrong and Prafulla Agnihotri,2018 Principles of Marketing, 17th edition, Pearson Education

Krussell, J. G. H., & Paramita, E. L.2016. Komunikasi Pemasaran Terpadu Dan Ekuitas Merek Alfamart. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 27-42.

Kwan, O. G. (2016). Pengaruh Sales Promotion Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening Pada Planet Sports Tunjungan. Jurnal Manajemen Pemasaran, 10(1), 27–34.

Republika.co.id.2019. “Kopi yang Bold, Creamy, dan Manis Masih Jadi Favorit”. Berita, 07 November 2019. Diakses pada 20 September 2021. https://www.republika.co.id/berita/q0knl7414/kopi-yang-embold-creamyem-dan-manis-masih-jadi-favorit

Salendra, S.2014. Coffee Shop As a Media for Self-Actualization Today's Youth. Jurnal The Messenger, 6(2), 49-57.

Stepy, Y., Firman, F., & Rusdinal, R.2019. Gaya Hidup Remaja Di Kota Palembang (Studi Pada Budaya Tongkrong). Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1534-1541.

Toffin.2020.RisetToffin.https://toffin.id/riset-toffin

Van de Sand, F., Frison, A. K., Zotz, P., Riener, A., & Holl, K.2020. User experience Is brand experience. Springer International Publishing.

Valarie A, Z., Mary, J. B., & Dwayne D, G. (2017). Services Marketing: Intergrating Customer Focus Across the Firm.

Wirtz, J., & Lovelock, C.2018. Essentials of Services Marketing 3rd ed.

Yusuf, A. M.2016. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Prenada Media.

Jiwagroup.com. “A Cup For The Farmers, A Cup For The Partners, A Cup For The People”. aboutus. Diakses pada 20 September 2021. https://jiwagroup.com/id/corporate/aboutus


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JOURNAL OF MARCH "MANAGEMENT RESEARCH"

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Universitas Tidar, Fakultas Ekonomi
Jalan Kapten Suparman, No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara.
Kode Pos: 56116
Telp (0293) 364113
Website: fe.untidar.ac.id