Analisis Bauran Pemasaran Pada Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Karisma Magelang

Erizka Nurfitria, Andhatu Achsa

Abstract


KSPPS merupakan koperasi yang beroperasi menggunakan sistem yang sesuai dengan syariah dalam agama Islam. KSPPS berkembang cukup pesat, namun belum dapat bersaing dengan baik terhadap lembaga keuangan lainnya. Oleh karena itu, strategi pemasaran sangat diperlukan agar KSPPS dapat bertahan dan bersaing. Penulis meneliti permasalahan mengenai bauran pemasaran yang dilakukan oleh KSPPS dan mengambil study kasus pada KSPPS Karisma Magelang. Tujuan penulisan artikel ini untuk mengetahui dan menganalisis bauran pemasaran yang dilakukan oleh KSPPS,  yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dan mengumpulkan data melalui observasi dan melakukan wawancara dengan menggunakan metode probability sampling dengan responden sejumlah 2 orang, serta mengumpulkan data dan foto dengan periode penelitian dari Januari sampai dengan Maret tahun 2020. Dari hasil analisis, diketahui bauran pemasaran KSPPS Karisma memiliki keunggulan antara lain, produk yang bermacam-macam, harga yang diketahui secara transparan, promosi yang dilakukan secara kompleks dan memiliki tempat yang strategis.

Keywords


KSPPS,KSPPS Karisma, Bauran Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Alwi, I. (2015). Kriteria Empirik dalam Menentukan Ukuran Sampel Pada Pengujian Hipotesis Statistika dan Analisis Butir. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2). https://doi.org/10.30998/FORMATIF.V2I2.95

Fidiana. (2017). Tinjauan Kritis Kesyariahan Koperasi Syariah. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 4.

Karisma, K. (n.d.). Simpanan anggota.

Karisma, K. (n.d.). Kegiatan karisma.

Kurdi, S., Fauzi, M., & Kholil, M. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah di Kabupaten Kendal. Jurnal Pendidikan Dan Bisnis Ekonomi, 4(2), 26–40.

M. Kasiman, S. (2019). terhadap Kepuasan Mitra pada KSPPS BMT Binamas. 19(1).

Muheramtohadi, S. (2017). Peran Lembaga Keuangan Syariah dalam Pemberdayaan UMKM di Indonesia. Muqtasid: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah. https://doi.org/10.18326/muqtasid.v8i1.65-77

Muyassarah. (2019). Analisis SWOT Pada Strategi Pemasaran Produk Simpanan Kurban Di KSPPS BMT NU Sejahtera Cabang Jepara. SERAMBI: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis Islam, 1(3), 69–80.

Okfitasari, A. (2018). Analisis Kesehatan Koperasi Syariah dalam Upaya Meningkatkan Kinerja dan Pelayanan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 4(02).

Subhan, M. (2018). STRATEGI PEMASARAN SYARI ’ AH PADA BMT AL-AMANAH DALAM MENINGKATKAN MODAL DAN PENYALURAN PEMBIAYAAN. EkBis, Jurnal Ekonomi Dan Bisnis UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 4988(1), 96–113.

Sulaiman. (2014). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Menabung Nasabah Tabungan Mudharobah Koperasi Simpan Pinjam Baitul Maal Wat Tamwil Mujahidin Pontianak. Jurnal Manajemen MOTIVASI.

Wiliasih, R., & Shadrina, F. (2017). Faktor Dominan Yang Memengaruhi Keputusan Nasabah Untuk Menabung Di Bank Syariah, Bprs, Dan Kspps. Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah, 3(2), 442. https://doi.org/10.30997/jn.v3i2.911


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JOURNAL OF MARCH "MANAGEMENT RESEARCH"

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Universitas Tidar, Fakultas Ekonomi
Jalan Kapten Suparman, No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara.
Kode Pos: 56116
Telp (0293) 364113
Website: fe.untidar.ac.id