Framing Effect dan Pengumuman Dividen
Keywords:
Framing effect, Pengumuman dividenAbstract
Aspek psikologis mempengaruhi pengambilan keputusan keuangan utamanya bagi investor di pasar modal. Dalam fenomena ini, diasumsikan bahwa investor memiliki preferensi dan tipe resiko masing-masing sesuai yang dijelaskan oleh prospect theory. Dimana didalam pasar saham juga terdapat ketidakpastian, yang menyebabkan terjadinya bias dalam pengambilan keputusan yang dilakukan oleh investor. Sehingga pada realitasnya tidak sesuai dengan yang dijelaskan oleh signaling theory. Lebih lanjut, framing effect memiliki kaitan dengan dividen. Sepeti halnya dalam penyampaian berita, waktu pengumuman, dan sebagainya terkait kebijakan dividen. Dimana dalam hal ini cara penyampaian berita (frame) menentukan reaksi yang ditimbulkan oleh investor di pasar saham. Fenomena tersebut juga dapat dijelaskan oleh keuangan keprilakuan yang diasumsikan hal tersebut terjadi akibat adanya bias kognitif yang terjadi pada seseorang investorReferences
Asri, M. (2013). Keuangan Keperilakuan. Yogyakarta: BPFE.
Chandra, A., & Kumar, R. J. (2011). Determinants of Individual Investor Behaviour: An Orthogonal Linear
Transformation Approach. 29722.
Connelly, B. L., Certo, S. T., Ireland, R. D., & Reutzel, C. R. (2011). Signaling Theory : A Review and
Assessment. https://doi.org/10.1177/0149206310388419
Darlis, E., & Zirman. (2010). Analisis reaksi investor dalam merespon pengumuman dividen. Jurnal
Ekonomi, 18(4).
Debondt, W., Forbes, W., Hamalainen, P., Gulnur, Y., & Debondt, W. (2010). What can behavioural
finance teach us about finance ? https://doi.org/10.1108/17554171011042371
Dent, E. B., & Goldberg, S. G. (1999). The Journal of Applied Behavioral Science Challenging “ Resistance
to Change .” https://doi.org/10.1177/0021886399351003
Devi, Y. V., & Putra, I. S. (2020). Reaksi Pasar Terhadap Pengumuman Dividen Perusahaan yang
Termasuk dalam IDX High Dividend 20 Periode 2019. Jurnal PETA, 5, 79–95.
https://doi.org/10.23917/warta.v23i1.10202
Esomar, M. J. F. (2018). Reaksi Investor Terhadap Pengumuman Kenaikan dan Penurunan
Dividen di Bursa Efek Indonesia. Soso-Q, 6(2), 6–28. Haler, R. I. H. T. (2006). Individual
Preferences , Monetary Gambles , and Stock Market Participation : A Case for Narrow Framing.
Haryanto, S. (2011). Reaksi Investor terhadap Pengumuman Dividen di Bursa Efek Indonesia.
Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 15(2), 213–220.
Kahneman, D., & Tversky, A. (1979). Prospect Theory: An Analysis of Decision under Risk. 47(March),
–291.
Lotfi, T. (2018). Dividend Policy in Tunisia: A Signalling Approach. International Journal of Economics
and Finance, 10(4), 84. https://doi.org/10.5539/ijef.v10n4p84
Maramis, J. B. (2018). Reaksi Investor Pasar Modal Indonesia Tehadap Pengumuman Dividen
(Studi Kasus Pada Perusahaan Asuransi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun
-2017). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3), 1208–
https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20177
Nazilah. (2015). Pengaruh Framing Informasi Terhadap Pengambilan Keputusan Investasi Denganpendekatan
Eksperimental.
Pasek, G. W., Widanaputra, A., & Ratnasari, M. M. (2016). Pengaruh Framing dan Kemampuan
Numerik Terhadap Keputusan Investasi. Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana,
Vol.5(No.11), 3971–4000.
Pastika, I. W. A., & Widanaputra, A. A. G. P. (2019). Analisis Reaksi Pasar Terhadap Pengumuman
Dividen Saham. E-Jurnal Akuntansi, 27, 822. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v27.i01.p30
Pramana, K., & Abundanti, N. (2017). Reaksi Pasar Terhadap Pengumuman Dividen di Bursa
Efek Indonesia. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(11), 254997.
Rahayu, C. W. E. (2017). The Influence of Information Framing towards Investors Reaction in
Bullish and Bearish Market Condition: an Experiment. Jurnal Dinamika Manajemen, 8(2), 199–
https://doi.org/10.15294/jdm.v8i2.12760
Ross, S. A. (1977). The determination of financial structure : the incentive-signalling approach. 8(1), 23–40.
Saragih, A. E. (2019). Event Study: Reaksi Pasar Terhadap Pengumuman Dividen Pada Perusahaan
yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Reviu Akuntansi Dan Keuangan, 5(1), 1–24.
https://doi.org/10.1007/springerreference_1418
Shafi, M. (2014). Determinants Influencing Individual Investor Behavior In Stock Market : A Cross Country
Research Survey Introduction : 2(1), 60–71.
Spence, M. (1972). Job Market Signaling. 355–374.
Statman, M. (2014). Borsa _ Istanbul Review Behavioral finance : Finance with normal people.
Borsa Istanbul Review, 14(2), 65–73. https://doi.org/10.1016/j.bir.2014.03.001 Journal of March "Management Research", Volume 2 Nomor 1, pp. 8-15
Sudira Putra, I., & Sujana, I. (2014). Analisis Reaksi Pasar Terhadap Pengumuman Dividen Tunai
Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Akuntansi, 8(2), 118–
Sukartha, I. M. (2013). Reaksi Pasar Terhadap Pengumuman Dividen Perusahaan Yang Termasuk
Kategori Lq 45. E-Jurnal Akuntansi, 2(1), 1–18.
Tastaftiani, M., & Khoiruddin, M. (2015). Analisis Pengaruh Pengumuman Dividen Tunai
Terhadap Abnormal Return Dan Variabilitas Tingkat Keuntungan Saham. Management
Analysis Journal, 4(4), 333–340. https://doi.org/10.15294/maj.v4i4.8886
Tversky, A., & Kahneman, D. (1981). The Framing of Decisions and the Psychology of Choice The Framing
of Decisions and the Psychology of Choice. 211(4481), 453–458.
Tversky, A., & Kahneman, D. (1986). RATIONAL CHOICE AND THE FRAMING OF
DECISIONS. 59(4), 251–278.
Wahyu, C., & Rahayu, E. (2017). The Influence of Information Framing towards Investors
Reaction in Bullish and Bearish Market Condition : an Experiment Pengaruh Pembingkaian
Informasi terhadap Reaksi Investor pada Kondisi Pasar Bullish dan Bearish : Sebuah
Eksperimen. Jurnal Dinamika Manajemen, 8(36), 199–207.
Wardani, E. K. (2014). Pengaruh Framing Effect Terhadap Pengambilan Keputusan Investasi
Dengan Locus Of Control Sebagai Variabel Pemoderasi. JURNAL NOMINAL, III, 52–60.
Wahyu, C., & Rahayu, E. (2017). The Influence of Information Framing towards Investors
Reaction in Bullish and Bearish Market Condition : an Experiment Pengaruh Pembingkaian
Informasi terhadap Reaksi Investor pada Kondisi Pasar Bullish dan Bearish : Sebuah
Eksperimen. Jurnal Dinamika Manajemen, 8(36), 199–207.
Pasek, G. W., Agus, I. P., & Agung, G. (2019). Effect Framing Dalam Pengambilan Keputusan
Investasi Tinjauan Dari Kemampuan Numerik. Jurnal KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi,
(2), 125–130.
Nazilah. (2015). Pengaruh Framing Informasi Terhadap Pengambilan.
Candraningrat, I. R., Salim, U., Indrawati, N. K., & Ratnawati, K. (2018). Influence of Framing
Information and Disposition Effect in Decision of Investment : Experimental Study on
Investor Behavior at Indonesia Stock Exchange Representative on Denpasar , Bali.
International Review of Management and Marketing, 8(3), 59–68.
T, A. M., & Purwoko, B. (n.d.). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling
Expressive Writing. 1–8.
Surakhmad, W. (1990). Pengantar Penelitian Ilmiah, metode dan teknik. Tarsito