REFORMASI BIROKRASI DI UNIT PELAYANAN TERPADU SATU ATAP (UPTSA) MELALUI SURABAYA SINGLE WINDOWS (studi kasus : Kota Surabaya)

Lisa Ananda Carlolina

Abstract


Pelayanan publik menjadi hal yang sangat penting bagi masyarakat terlebih jika pelayanan tersebut dapat terdesentralisasi dengan baik. Banyak pelayanan publik yang sudah dikerjakan pemerintah untuk memberikan kesejahteraan bagi masyarakatnya, namun masih dalam pelaksanaannya terdapat kelemahan. Dengan adanya permasalahan tersebutlah, maka pemerintah melakukan perbaikan dengan merealisasikan pelayanan publik yang diwujudkan dengan adanya pelayanan terpadu. Surabaya merupakan salah satu kota yang sudah menerapkan e-government dan telah meluncurkan Surabaya Single Window yang merupakan pelayanan perijinan virtual pertama di Indonesia. Reformasi birokrasi dari program kegiatan Surabaya Single Windows di Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap di Kota Surabaya menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini. Tujuan dari penulisan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan reformasi birokrasi program kegiatan Surabaya Single Windows di Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap di Kota Surabaya. Metode penelitian yang digunakannya yakni studi literature dengan mencari referensi teori yang relefan dengan kasus atau permasalahan yang ditemukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa reformasi birokrasi dalam program kegiatan Surabaya Single Window di Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap Kota Surabaya sudah berjalan dengan baik hal ini dapat didukung dengan adanya data kuantitatif yang memperlihatkan adanya peningkatan jumlah pengumpulan berkas perizinan yang masuk meskipun masih  terdapat  hambatan-hambatan yang harus ditangani agar pelayanan menjadi lebih maksimal.

 

Kata Kunci : e-government; pelayanan publik; surabaya single windows


Full Text:

Untitled

References


Budiani, Ni Wayan. 2007. Efektivitas Program Penanggulangan Pengangguran Karang Taruna “Eka Taruna Bhakti” Desa Sumerta Kelod Kecamatan Denpasar Timur Kota Denpasar. Jurnal Ekonomi dan Sosial. Vol. 02 No. 01.

Dewi, Leonita Ayu Sinta. 2014. Analisis Penerapan Aplikasi Surabaya Single Windows Pemerintah Kota Surabaya Menggunakan Government Adoption Model (GAM). Jurnal Teknik Pomits. Vol. 3. No. 2.

Farid, Miftakhul. 2015. Implementasi Electronic Government Melalui Surabaya Single Window Di Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap Kota Surabaya. Jurnal Administrasi Publik. Vol. 03. No. 05

Gati, Rindri Andewi dkk. 2015 Efektivitas Program Surabaya Single Window (Ssw) Dalam Pelayanan Publik Perspektif E- Government. Jurnal Administrasi Publik (JAP).Vol. 2.No.6.

Kirana, Cintantya Andhita Dara. 2017. Monitoring Dan Evaluasi Program “Surabaya Single Window” Sebagai Bentuk Electronic Government Di Kota Surabaya. Jurnal Pembangunan dan Kebijakan Publik. Vol.8. No. 01. Tahun 2017.

Kurniawan, Teguh. 2007. Pergeseran Paradigma Administrasi Publik: Dari Perilaku Model Klasik dan NPM ke Good Governance. Jurnal Ilmu Administrasi Negara. Vol. 7. Januari.

Muluk, M.R. Khairul. 2001. Lokalisasi Dan Globalisasi: Tantangan Dan Peluang Digitalisasi Pemerintah Daerah, Bisnis Dan Birokrasi. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Organisasi. Vol.09. Mei.

Peraturan Presiden No. 96 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang- Undang No.25 Tahun 2009.

Peraturan Walikota Surabaya Nomor 28 Tahun 2013 tentang Tata Cara Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan secara Elektronik di Kota. Surabaya.

Prasetya, Yudi Prabowo. 2015. Evaluasi Pelaksanaan SSW (Surabaya Single Window) Di UPTSA (Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap) Kota Surabaya. Universitas Airlangga.

Pratama, Arif Budy.2017. Citra Pemerintah Di Era Digital : Tipologi dan Manajemen Reputasi. Yogyakarta : Penerbit Gava Media.

Ramadhan Ferdian Paskal dan Fitrotun Niswah. 2016. Efektivitas Layanan Perizinan Online Surabaya Single Window di Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap Kota Surabaya. UNESA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara



Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons Internasional .