PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) SEBAGAI PENGGERAK EKONOMI DESA MELALUI PEMBUATAN PEYEK SISIK IKAN (Studi Kasus: Kecamatan Magelang Tengah Kota Magelang.)

Lisa Ananda Carlolina

Abstract


Pemberdayaan menjadi sebuah usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat agar dapat berdaya dengan memanfaatkan potensi yang ada. Pemberdayaan masyarakat dengan melalui usaha kecil (UMKM) diharapkan mampu untuk meningkatkan kondisi perekonomian keluarga terlebih dikalangan masyarakat miskin dan kurang mampu. Kota Magelang menjadi salah satu kota kecil yang dikelilingi banyak gunung dan memiliki aliran air yang sangat melimpah, hal ini dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi masyarakat dalam memanfaatkan aliran air yang melimpah untuk budidaya ikan. Salah satu terobosan baru dalam mengelola ikan yakni dengan mengolah sisik ikan sebagai salah satu cemilan ringan yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat. Terobosan produk peyek ikan ini sudah lama dilakukan oleh masyarakat kota Magelang khususnya di Kelurahan Magelang RW III Kecamatan Magelang Tengah Kota Magelang. Pelaksanaan mekanisme perencanaan pemberdayaan masyarakat melalui UMKM dan dampak yang ditimbulkan dari adanya program perencanaan pemberdayaan terhadap kemandirian usaha masyarakat menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini. Tujuan dari penulisan penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme pelaksanaan perencanaan pemberdayaan masyarakat melalui UMKM dan dampak yang ditimbulkan dari program perencanaan pemberdayaan tersebut terhadap kemandirian usaha masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian deskriptif kualitatif yang didukung oleh data yang berasal dari wawancara masyarakat terkait. Hasil penelitian menunjukan bahwa masyarakat di RT III RW III Magelang tengah memiliki potensi dalam mengolah limbah sisik ikan untuk dijadikan cemilan yang mampu meningkatkan perekonomian keluarga. Oleh karenanya perlu adanya mekanisme perencanaan pemberdayaan yang melibatkan kerjasama antara pemerintah dengan stakeholder dan juga swasta untuk saling berkolaborasi dalam mendukung jalannya UMKM peyek sisik ikan.

 

Kata Kunci: pemberdayaan; peyek sisik ikan;umkm


Full Text:

Untitled

References


Jurnal

Kurniawati, Pratiwi dkk. 2013.”Pemberdayaan Masyarakat Dibidang Usaha Ekonomi (Study Pada Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Mojokerto)”. Jurnal Administrasi Negara. Vol.1, No.4, Hal 9-14.

Satori, dkk. 2015. Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Melalui Program Csr Pt Indocement (Studi Kasus di Blok Kebon Gedang Desa Ciwaringin Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon). Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship. Vol. 01, No. 03.

Link

Komisi Informasi Pusat. Dkk. 2019. Jumlah Penduduk Kota Magelang dan Persentase Kemiskinan Kota magelang 2019 di kutip pada 26 Desember 2019 pukul 00.00 WIB dari data.go.id.

Hadi, Purbathin Agus. 2009. ”Tinjauan Terhaapap Berbagai Program Pemberdayaan Masyarakat Di Indonesia”.http://www.suniscom e.50webs.com/data/download/33 %20Tinjauan%20Program%20Pe mberdayaan.pdf.Pusat pusat pengembangan agri karya (PMAA).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara



Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons Internasional .