BUDAYA BIROKRASI PATERNIALISME DI INDONESIA

Lisa Ananda Carlolina

Abstract


Birokrasi merupakan bagian yang terpenting didalam penyelenggaran pemerintah, karena dengan posisi yang bersinggungan secara langsung dengan masyarakat, menempatkannya sebagai pilar utama dalam memberikan pelayanan publik. Namun jika posisi tersebut tidak diimbangi dengan kinerja aparatur yang baik akan memunculkan berbagai permasalahan. Birokrasi di Indonesia memiliki budaya yang telah mengakar kuat didalam lingkungan pemerintahan. Apabila budaya ini merupakan nilai-nilai yang baik, tentu akan mendukung kinerja pelayanan publik. Tetapi jika budaya buruk yang terbangun, justru akan melemahkan kinerja pelayanan publik. Oleh karenanya tulisan ini ingin menguraikan mengenai budaya birokrasi paternialisme, dengan memberikan beberapa contoh kasus yang ada di Indonesia. Data diperoleh melalui studi literature dengan mencari referensi teori yang relefan dengan kasus atau permasalahan yang ditemukan. Hasil penulisan ini menunjukkan bahwa budaya paternialisme pada tubuh birokrasi telah ada sejak zaman penjajahan dan bertahan hingga masa kini. Budaya paternialisme memberikan dampak yang kurang baik bagi tatanan kepemerintahan, seperti munculnya praktik KKN, penyalahgunaan kekuasaan, dan hilangnya identitas birokrat yang loyal dan berintegrasi.

 

Kata Kunci :Birokrasi; Budaya; paternialisme


Full Text:

Untitled PDF Untitled PDF

References


Ary H. Gunawan, Sosiologi Pendidikan Suatu Analisis Sosiologi tentang Berbagai Problem Pendidikan (Jakarta: Rineka Cipta).

Djumiarti, Titik. Peranan Budaya Birokrasi Dalam Pengembangan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik(Good Governance). Semarang: Universitas Diponegoro.

Firidinata, Adhinda Prily dan Fuad Mas’ud. 2017. Pengaruh Gaya Kepemimpian Paternalistik Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Employee Engagement Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada PT Pos Indonesia Regional VI Semarang). Jurnal Manajemen. Vol. 6. No 4.

Hasan, Dr. H.M. Nur. 2012. Corak Budaya Pada Masa Kerajaan, Kolonial Belanda Hingga Di Era Desentralisasi Dalam Pelayanan Publik. Vol. 28. No. 2.

Mahdi Irfan. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Paternalistik Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Pt. Bank Muamalat Indonesia Tbk, Cabang Malang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. 01. No. 01.

Mariana, Dede. 2006. Reformasi Birokrasi Pemerintah Pasca Orde Baru. Jurnal Pemerintahan. Vol. 8, No. 3.

Riawati, Nian. 2015. Potensi Korupsi dalam Kebijakan Publik Studi Kasus Korupsi Program Penanganan Sosial Ekonomi Masyarakat di Provinsi Jawa Timur. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Vol. 19. No. 2.

Rivai, Abdul. 2013. Budaya Kerja Birokrasi Pemerintah Dalam Pelayanan Publik. Jurnal Academica. Vol. 5. No. 1.

Romli, Lili. 2008. Masalah Reformasi Birokrasi. Jurnal Kebijakan dan Manajemen PNS. Vol. 2. No.2.

Siraj, Arifuddin. 2018. Implikasi Kekuasaan terhadap Konstitusi dan Pilkada di Era Otonomi Daerah. Jurnal Hukum.Vol. 18 No. 1.

Yudha, Arcaya, Herbasuki Nurcahyanto dan Nina Widowati. Penerapan Budaya Organisasi (Studi Kasus Pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Dago Bandung). Jurnal adm publik. Semarang:Universitas Diponegoro.

Yunas, Novy Setia 2016. Kepemimpinan Dan Masa Depan Reformasi Birokrasi Di Indonesia. Jurnal Ilmu Pemerintahan Vol. 9. No.2

Yusrialis. 2012. Budaya Birokrasi Pemerintahan (Keprihatinan dan Harapan). Jurnal SosialBudaya. Vol. 9. No. 1. Riau:Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Qadapi, Muhammad. 2017.Analisis Kriminologis Terjadinya Korupsi Gaji Pegawai Negeri Sipil Fiktif Di Pemerintahan Kabupaten Lampung Utara. Jurnal ilmu hukum. Vol1.no.1.

Basir S, Muhammad. 2016. Bangsawan Dalam Pilkada (Studi Kasus: Pemilihan Kepala Daerah Di Kabupaten Bone). Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. Universitas) Hasanuddin : Makassar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara



Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons Internasional .

File usage_events_20221010.log could not be moved from G:\Sites\aplikasi\jom_file\usageStats\usageEventLogs\usage_events_20221010.log to G:\Sites\aplikasi\jom_file\usageStats\stage\usage_events_20221010.log