EFEKTIVITAS PENDEKATAN TOP-DOWN PLANNING DALAM PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) SEBAGAI UPAYA MENGURANGI TARAF KEMISKINAN MASYARAKAT (Studi Kasus Desa Trasan, Kecamatan Bandongan, Magelang)

Awieta Nirmala Kusumastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan top down planning dalam proses  mengentas kemiskinan, khususnya program keluarga harapan(PKH) yang telah lama dilaksanakan oleh  pemerintah.  Penelitian ini menggunakan menggunakan metode deskriptif kualitatif  yang berfokus pada memahami proses, tingkah laku, dan kondisi sebagaimana dipersepsikan oleh individu atau kelompok. Dengan metode ini maka penulis mencoba mengamati, menganalis dan menggambarkan fenomena yang terjadi dalam pelaksanaan Program Keluarga Harapan. Dapat diketahui bahwa pemerintah sudah merespon dengan baik kesulitan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dasarnya. Sesuai dengan konsep pemberdayaan, pemerintah mencoba untuk memberikan daya atau memampukan rakyatnya. Dalam pelaksanaannya pendekatan top down planning sering dilakukan untuk menjalankan suatu kegiatan atau program. Secara konseptual, pendekatan top down planning memiliki arti suatu perencanaan yang dibuat oleh pemerintah ditujukan kepada masyarakat dimana masyarakat sebagai pelaksana saja. Akan tetapi, dalam jangka yang lebih panjang hal tersebut justru memicu timbulnya polemik, seperti : (1) sifat ketergantungan dan kecemburuan sosial (2) pendataan RTSM, (3) kurangnya sosialisasi, (4) dan pencairan dana yang sering tidak tepat waktu merupakan masalah yang belum terselesaikan hingga saat ini. 


References


Dunn, William N. 1995. Analisa Kebijaksanaan Publik. Yogyakarta : PT. Hanindita Offset

Suharto, Edi. 2005. Analisis Kebijakan Publik. Bandung:Penerbit ALFABETA

Nafatilona, Widya. 2011.“Analisis Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) Kota Administrasi Jakarta Utara”.Tesis.Jakarta.

Kementerian Keuangan.2015.”Kajian Program Keluarga Harapan”. http://www.anggaran.depkeu.go.id/content/Publikasi/Kajian%20dan%20artikel/Kajian%20PKH.pdf. Diunduh pada tanggal 14 Juni 2017, pukul 09.00 WIB.

Kementerian Sosial. 2016.“Lebih Mengenal Program Keluarga Harapan-PKH 2016.http://keluargaharapan.com/lebih-mengenal-program-keluarga-harapan-pkh-2016/.Diunduh pada tanggal 13 Juni 2017, pukul 20.00 WIB.

Kementerian Sosial. 2016.“Dasar Pelaksanaan PKH-Program Keluarga Harapan.http://keluargaharapan.com/dasar-pelaksanaan-pkh-landasan-program-keluarga-harapan/.Diunduh pada tanggal 13 Juni 2017, pukul 20.15 WIB.

TNP2K.2017.”Program Keluarga Harapan”. http://www.tnp2k.go.id/id/tanya-jawab/klaster-i/program-keluarga-harapan-pkh/. Diunduh pada tanggal 20 Juni 2017, pukul 11.00 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara



Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons Internasional .