INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PELAYANAN PERPUSTAKAAN UMUM KOTA MAGELANG

Puji Slamet Santoso, Hanik Rosidah, Angela Febriana Nanda Prasetyo

Abstract


Salah satu tujuan dari Bangsa Indonesia yang tercantum dalam pembukaan UUD NRI 1945 alinea ke 4 tercantum adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Pemerintah Kota Magelang dalam upaya peningkatan kecerdasan bangsa menyelenggarakan sebuah perpustakaan. Pepustakaan Umum Kota Magelang menyediakan Buku-buku dengan berbagai subyek ilmu pengetahuan dan fiksi, berbagai harian, Tabloid, dan Majalah yang dapat diakses oleh masyarakat umum baik akademis maupun non akademis dikelola oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Magelang. Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan Perpustakaan Umum Kota Magelang dengan mengadopsi pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat(IKM) oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara. IKM diukur dengan menggunakan 14 unsur yaitu Prosedur Pelayanan, Persyaratan Pelayanan, Kejelasan Petugas Pelayanan, Kedisiplinan Petugas Pelayanan, Tanggung Jawab Petugas Pelayanan, Kemampuan Petugas Pelayanan, Kecepatan Pelayanan, Keadilan Mendapatkan Pelayanan, Kesopanan dan Keramahan Petugas, Kewajaran Biaya Pelayanan, Kepastian Biaya Pelayanan, Kepastian Jadwal Pelayanan, Kenyamanan Lingkungan, dan Keamanan Pelayanan. Setelah dilakasakan Perhitungan pelayanan tersebut dikategorikan kedalam kategori B yang berarti Baik.


Full Text:

Untitled

References


Ni Luh Putu Puspitasari. 2016. Analisis Kualitas Pelayanan Publik di Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Badung. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 89-114

Republik Indonesia. 2004. Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor Kep/25/M.PAN/2004 Tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Instansi Pemerintah.

Pemerintah Daerah Kota.2016. Peraturan Walikota Nomor 44 tahun 2016 tentang kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Fungsi, Serta Tata Kerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan

Sinambela, Lijan Poltak. 2008. Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta: Bumi Akasara

Suryana.2010. Metodhologi Penelitian: Model Praktis penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Zainudin, Arif.2016. Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Tegal. Jurnal Ilmu Pemerintahan: Kajian Ilmu Pemerintahan dan Politik Daerah. Volume 1, Nomor 1, April 2016


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara



Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons Internasional .