Open Access Open Access  Restricted Access Subscription Access

TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT PRA SEJAHTERA TERHADAP PEMBANGUNAN RUMAH SUSUN WARGA (RUSUNAWA) DI KOTA MAGELANG

Fatima Rima Rahayu, Novita Aris Tyawati, Dina Septiyani, Bayu Kusumadewa, Joko Tri Nugraha

Abstract


 

Salah satu wujud penataan tata ruang kota adalah adanya pembangunan rumah susun.  Pembangunan rumah susun dimaksudkan untuk menyediakan hunian yang layak bagi orang dan badan hukum. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pembangunan rumah susun. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan maksud deskriptif . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui  kuesioner dengan mengadopsi menggunakan Indeks Kepuasan Masyarakat, dengan pemilihan secara random untuk mengambil data 73 responden yang merupakan penyewa Rusunawa Kota Magelang. Responden diperoleh dengan memberikan kuesioner yang terdiri dari pertanyaan terbuka dan tertutup. Metode pengolahan data tersebut digunakan untuk mendapatkan nilai SKM masing-masing unsur pelayanan untuk mengetahui kepuasan masyarakat pra sejahtera penghuni rusunawa terhadap pembangunan di UPT Rusunawa,Potrobangsan, Kota Magelang tersebut.

 

Keywords: Kepuasan Masyarakat, Pembangunan, Rumah Susun

 


Full Text:

Untitled

References


SUDARYONO. Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Pemasaran. Jakarta: Lentera Ilmu Cendikia. 2014.

COHEN, Daniel A. dan Paul Zarowin. (2010). Accrual-Based and Real Earnings Management Activities Around Seasoned Equity Offerings. “Journal of Accounting & Economics” 50.1 (2010): 2-19.

Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang.

SUDARTO, R. J. A., Poluan, R. J., & Takumansang, E. D. Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Pelayanan Publik Pt Air Manado. “Jurnal Sabua”, 6.3 (2014): 307-319.

KEPMENPAN No. 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.

Yulandani, I. Studi Tentang Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dalam Pelayanan Publik di Kelurahan Klandasan Ilir Kota Balikpapan. “eJournal Administrasi Publik”, 3.3 (2015): 833-844.

GIESE, J.L. dan J.A. Cote. Defining Consumer Satisfaction, “Academy of Marketing Science Review”, 1 (2000): 1-24.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara



Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons Internasional .