Open Access Open Access  Restricted Access Subscription Access

KAJIAN FAKTOR SUKSES IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT STUDI KASUS DI PEMERINTAH KOTA MAGELANG

Noviana Safitri, Sugiarti Sugiarti, Deby Nur Rachmawati, Surani Surani, Aulia Fahmadhani, Septi Wulandari, Muhammad Riza, Ade Kurniawan, Joko Tri Nugraha

Abstract


Penggunaan Teknologi Informasi telah mengubah interaksi antara pemerintah dengan warga negara. Berdasarkan Inpres No. 3 T ahun 2003 pemerintah harus segera melakukan proses transformasi menuju e-government . Penelitian Penyanyi bertujuan untuk review mendeskripsikan Gambaran keberhasilan Implementasi e g overnment di Pemerintah Kota Magelang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei yang mengguna kan kuesioner yang berisi kajian faktor keberhasilan dari hasil penelitian sebelumnya. Menanggapi merupakan admin web penyedia layanan publik di 29 o rganisasi p erangkat d aerah (OPD) Kota Magelang. Hasil penelitian menunjukkan dari 10 faktor sukses yang di ajuka dan untuk responden, tingkat persetujuan telah mendapat respon yang baik. Dengan demikian 10 faktor sukses ini dapat menjadi pedoman dan fokus bagi p emerintah daerah lain untuk mendukung kesuksesan implementasi e- g overnment. Selain itu peneliti juga menemukan beberapa hambatan dalam implementasi e - g dan meminta saran sebagai solusi atas protes tersebut.

 

Kata kunci: e-government, faktor sukses, implementasi

Full Text:

Untitled

References


INPRES No. 3 Tahun 2003. Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government. http://www.apjii.or.id/v2/upload/Regulasi/InPresRI3Th2003.pdf (Diakses tanggal 30 Agustus 2018).

RISNANDAR. “Analisis E-Government dalam Peningkatan Pelayanan Publik Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sulawesi Tengah”, Jurnal Katalogis, 2.7, (2014): 192-199.

SETIAWATI, Wenny. “Penerapan E-Government di Indonesia”. 2007. http://komunikasipublik.multyply.com/journal/item/120/Penerapan_egovernment_di_Indonesia (Diakses tanggal 30 Agustus 2018).

KEPUTUSAN Menteri Komunikasi dan Informasi, Nomor ... /KEP/M.KOMINFO/VIII/2004: Panduan Standar Mutu, Jangkauan Pelayanan dan Pengembangan Aplikasi E-government.

INDRAJIT, Richardus Eko. Membangun Aplikasi E-Government, Jakarta: PT Elex Media Komputindo. 2002.

DJUNAEDI, Achmad. “Beberapa Pemikiran Penerapan E-Government dalam Pemerintahan Daerah di Indonesia”. 2002. (diakses melalui http://otda.lampungprov.go.id/download.php?file=files/e-govt-pemda-indo.pdf.

INDRAJIT, Richardus Eko. E-Government in Action, Yogyakarta: Andi Offset. 2005.

NAPITUPULU, Darmawan. Kajian Faktor Sukses Implementasi E-Government Studi Kasus: Pemerintah Kota Bogor. 5.3, (2014): 229-236.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara



Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons Internasional .