Open Access Open Access  Restricted Access Subscription Access

PARTISIPASI PEMUDA DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA DI DESA CANDIREJO KECAMATAN BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG

Liya Ftiyani, Joko Tri Nugroho, Sri Mulyani

Abstract


Dengan adanya peraturan pemerintah tentang kepemudaan, kedudukan pemuda menjadi penting dalam proses pembangunan nasional. Hal ini terlihat dari partisipasi pemuda di desa wisata candirejo kecamatan borobudur kabupaten magelang. Partisipasi pemuda di desa candirejo sangat membantu dalam proses pengembangan desa wisata untuk menjadi lebih baik. Penelitian   ini   menggunakan   metode   kualitatif   dengan   pendekatan studi kasus, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan  dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian adalah partisipasi pemuda di desa candirejo terlihat dari pelibatan pemuda disetiap kelompok masyarakat. Di dalam kelompok   masyarakat   tersebut,   pemuda   ikut   berpartisipasi   dalam   diskusi kelompok, kegiatan-kegiatan kelompok, berpartisipasi dalam pengambilan keputusan, dan  turut  serta  dalam  memanfaatkan  hasil  pembangunan.  Adapun faktor  yang mendorong  partisipasi  pemuda  adalah  kesempatan,  kemauan,  dan kemampuan yang dimiliki oleh pemuda. Sedangkan untuk faktor penghambatnya adalah  tidak  maksimalnya  pemuda  dalam  memanfaatkan kesempatan berpartisipasi, tidak adanya peraturan khusus tentang pemuda, masih kurangnya koordinasi diantara pemerintahan desa, kelompok masyarakat dan pemuda, serta pengaruh globalisasi.

 

Kata kunci: desa wisata, partisipasi, pemuda


Full Text:

Untitled

References


CHANDRA, Teddy. Pemberdayaan pemuda pengangguran melalui usaha industri kecil kerajinan sarung tenun (Studi Pada Pengrajin Tenun di Kelurahan Wanarejan Utara Kabupaten Pemalang), Laporan Penelitian (Ttidak dipublikasikan). 2011.

UNDANG-Undang No. 40 Tahun 2009 Tentang Kepemudaan.

SUMARYADI, I Nyoman. Efektivitas Implementasi Kebijkan Otonomi Daerah, Citra Utama, Jakarta. 2010.

SALOSSA, Yostepus. Partisipasi Masyarakat Dalam Implementasi Program Pembangunan Fisik di Distrik Sorong Barat Kota Sorong. Jurnal. (8 Maret 2017).

MARDIKANTO, Totok dan Poerwoko Soebianto. Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Kebijakan Publik, Alfabeta, Bandung. 2013.

SUGIYONO. Metode Penelitian Manajemen, Bandung, Alfabeta. 2002.

MATTHEW B. Miles dan A. Michael Huberman. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru, Jakarta, Penerbit Universitas Indonesia. 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara



Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons Internasional .