INOVASI PELAYANAN PERPANJANGAN SIM MELALUI PROGRAM SIMBOOK DI KANTOR SATPAS POLRES KOTA MAGELANG
Abstract
Inovasi dalam pelayanan menjadi hal yang penting demi kelancaran pelayanan yang diberikan oleh instansi pemberi layanan. Satlantas Magelang Kota meluncurkan inovasi program perpanjangan SIM yaitu SIMBOOK hadir dengan pelayanan yang cepat, efektif, efisien, dan mudah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi program SIMBOOK dalam pemberian pelayanan perpanjangan SIM di Kantor SATPAS POLRES Kota Magelang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dianalisa menggunakan teori inovasi yang dikemukakan oleh Everett. M Rogers. Teori inovasi ini memiliki 5 aspek yang akan diteliti yaitu keuntungan relatif (relative advantage), kesesuaian (compatibility), kerumitan (complexity), kemudahan diuji coba (trialability), kemudahan diamati (observability). Hasil penelitian menunukan bahwa inovasi program SIMBOOK memberi keuntungan ke masyarakat sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan pelayanan perpanjangan yang cepat, akan tetapi pihak dari instansi kurang dalam menyosialisasikan mengenai keberadaan inovasi program SIMBOOK sehingga pengguna dari tahun 2022 tidak cenderung banyak. Hal ini bisa terjadi karena pihak instansi tidak melakukan uji coba langsung ke masyarakat hanya pada kerabat dekat pegawai yang bertugas.
Kata Kunci : Inovasi Pelayanan, Kota Magelang, Perpanjangan SIM, SIMBOOK