FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN MAHASISWA PADA KINERJA DOSEN STATISTIK PRODI ADMINISTRASI NEGARA UNIVERSITAS TIDAR: PERSPEKTIF EVALUASI

Authors

  • Amelia Faizatul Uma Faizatul Uma Universitas Tidar
  • Andra Erryana Universitas Tidar
  • Annisa Azalia Universitas Tidar
  • Danica Petrovski Universitas Tidar
  • Vivi Anggraeni Universitas Tidar
  • Joko Tri Nugraha Universitas Tidar

Abstract

Peningkatan persaingan pendidikan tinggi menuntut Program Studi Ilmu Administrasi Negara Universitas Tidar untuk mempertahankan kualitas pendidikan, salah satunya lewat kinerja dosen. Penelitian ini mengukur tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kinerja dosen pada matakuliah pengantar statistik sosial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik survey dengan alat pengumpul data utamanya kuesioner, observasi dan wawancara secara tidak terstruktur. Sampel penelitian ini adalah 50 mahasiswa dari angkatan 2023 yang sedang menempuh matakuliah pengantar statistik. Hasil penelitian menunjukkan kepuasan mahasiswa secara umum baik. Pada dimensi tangible (penampilan dosen) tercermin dari penguasaan materi dosen dan suasana belajar di kelas mendapat nilai tertinggi. Namun, pada dimensi responsiveness (kemudahan komunikasi dan bantuan belajar serta diskusi di luar jam kuliah) mendapat nilai terendah. Peningkatan kinerja dosen pada dimensi responsiveness menjadi dimensi penting untuk mencapai pembelajaran mahasiswa yang lebih optimal. Upaya yang bisa dilakukan adalah memperkuat peran ketua kelas dalam berkomunikasi dengan dosen sehingga memberikan ruang diskusi di luar jam matakuliah. Evaluasi kinerja dosen secara berkala dengan umpan balik yang membangun juga diperlukan. Penelitian ini memberikan gambaran kepuasan mahasiswa terhadap kinerja dosen di Universitas Tidar. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk evaluasi kinerja pengajaran dosen dan menjadi rekomendasi bagi peningkatan kualitas pembelajaran di program studi. Keywords: kepuasan mahasiswa, kualitas mengajar, kinerja dosen

References

Kotler, Philip, 2000, Marketing Management, Prentice Hall.Inc

Mardalis , 2006. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. PT Bumi Aksara : Jakarta

Nazir, Moh, 2005. Metode Penelitian. Cetakan keenam. Penerbit Ghalia Indonesia : Bogor

Noermijati, 2010,jurnal.Kajian Tentang Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Dosen di Fakultas Ekonomi UNIBRAW

Rivai, Veithzal, 2005. Performance appraisal (sistem yang tepat untuk menilai kinerja karyawan dan meningkatkan daya saing perusahaan). PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta 9

Tjiptono, Fandy, 2004. Manajemen Jasa.

Edisi ketiga. PT Andi : Yogyakarta

Arief, M. 2007. Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan, Bagaimana Mengelola Kualitas Pelayanan Agar Memuaskan Pelanggan.

Bayumedia. Malang:

Gie, The Liang, (2002). Cara Belajar yang Efisien.Yogyakarta:Liberty.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2010). Principles of education.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran Edisi Bahasa Indonesia Jilid I. Jakarta: PT Prenhallindo.

Muin, Rahmawati. Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap

Pelayanan Kampus. Jurnal

Negara, M. P. A. (2004). Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah. kinerja karyawan dan meningkatkan daya saing perusahaan). PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta 9

Setiawan, A.F. (2016), Analisis kepuasan mahasiswa terhadap kinerja dosen fakultas ekonomi universitas atma jaya yogyakarta (Doctoral dissertation,UAJY).

Nugraha, J. T., Achmad, T., Warsono, H., & Yuniningsih, T. (2022). Understanding information technology culture in digitalbased public services. Journal of Governance & Regulation, 11(2), 62–79. https://doi.org/10.22495/jgrv11i2art6

Downloads

Published

2024-06-30