ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PENGGUNAAN E SAMSAT UNTUK PEMBAYARAN PAJAK DI KAMPUNG MALANGGATEN
Abstract
Pajak kendaraan menjadi suatu hal yang harus dan wajib dibayarkan oleh para pengguna kendaraan yang ada di Indonesia. Pembayaran pajak yang diadakan tiap tahun pada implementasinua menimbulkan suatu masalah dimana kurang efisien dan efektif dikarenakan adanya proses yang belum lagi adanya antrian yang menumpuk di kantor Samsat oleh pengguna kendaraan yang ingin membayar pajak kendaraannya. E-samsat hadir sebagai solusi permasalahan masyarakat dengan menawarkan kemudahan dalam penggunaan layanan, kemudahan dalam hal akses, dan efisiensi dalam penggunaan layanan e-samsat untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memeriksa tingkat kepuasan masyarakat khususnya di Kampung Malanggaten, Rejowinangun Utara, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang terhadap layanan E-Samsat untuk pembayaran pajak. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang diperoleh dari hasil survei yang melibatkan 241 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa warga Desa Malanggaten secara umum puas terhadap layanan E-Samsat. Kepuasan masyarakat terhadap E-Samsat di Desa Malanggaten dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti keterjangkauan layanan, kecepatan ketersediaan layanan, dan kemudahan penggunaan layanan. Pemerintah daerah diharapkan mampu meningkatkan kualitas layanan E-Samsat yang mencakup perluasan cakupan layanan, meningkatkan kualitas aplikasi, dan mengedukasi masyarakat dengan mendorong penggunaan layanan E-Samsat.References
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Kintan Wardhani, G., Novyanti, R., Rohayati, R., & Amelia, R. (2022). Efektivitas Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor melalui Aplikasi E Samsat pada Unit Pelayanan Pendapatan Daerah Samsat Banjarmasin 1. BIMA: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 1(2), 91-98.
Nasihah, D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat di Kantor SAMSAT Pati. Jurnal Akuntansi
dan Pajak, 21 (1), 176-185
Saragih, A. H., Hendrawan, A., & Susilawati, N. Implementasi
(2019). Electronic SAMSAT untuk Peningkatan Kemudahan Administrasi dalam Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor (Studi pada Provinsi Bali). Jurnal ASET (Akuntansi Riset) Vol, 11(1).
Wardani, D. K. (2018). Pengaruh program e-Samsat terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor dengan kualitas pelayanan kepuasan sebagai variabel intervening (Studi kasus Samsat
Daerah Yogyakarta). Akmenika: Istimewa Jurnal
Akuntansi Dan Manajemen, 15(2).
Dompak, T., Sianturi, S., & Supratama, N. A. (2018). Pengaruh inovasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat pengguna layanan samsat drive thru: Indonesia. Dialektika Publik,3(1), 9-15.
Mesoino, G. C., Naukoko, A. T., & Siwu, H. F. D. (2020). Analisis Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Sebelum dan Sesudah
Penerapan Sistem Pembayaran Pajak Online Berbasis E-Samsat di Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 20(02).
Pangestoeti,W.& Setiawan, R. (2015) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR TERHADAP KEPUASAN
MASYARAKAT DI KANTOR SAMSAT KOTA TANJUNGPINANG.
Utami, N. P. M. P., & Kurniawan, P. S. (2020). Pengaruh persepsi
kebermanfaatan, persepsi kemudahan penggunaan, dan tingkat sosialisasi e-samsat terhadap penerimaan masyarakat menggunakan e-samsat (studi empiris masyarakat kota Denpasar). JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 11(3), 618-629.
Sanda, I. H., Walewangko, E. N., & Masloman, I. (2022). Analisis
Sebelum Dan Sesudah Penerapan E–Samsat Terhadap Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Samsat Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 22(7), 61-72.
Cahyanti, S. R. (2022). Hubungan Implementasi Kebijakan E-Samsat dengan Kepuasan Masyarakat di Kantor Samsat Kota Samarinda. (EJournal Pemerintahan Integratif), 9(3), 107-120.
Oktaviyanto, Imam dan Dewi Kusuma Wardani. 2015. “Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Dan Pelayanan Fiskus terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Bumi Dan Bangunan.” (Jurnal Akuntansi, Vol. 3, No. 1, Juni 2015, 41-52.)
Hertiarani,Wiwiet.2016.”Implementasi Kebijakan E-Samsat Di Jawa Barat.” (Jurnal Ilmu Administrasi, Vol. 13, No. 3, 419-440.)