ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LAYANAN TRANSPORTASI ONLINE [GRAB]

Riflah Nabilah, Naeli Dwi Arifatunisa, Rayendra Raid Fakhri Raid Fakhri, Gea Novera Fitriana, Dwi Atha Firjatulloh Firjatulloh, Joko Tri Nugraha

Abstract


Grab dalah salah satu penyedia layanan terkemuka, transportasi online telah tumbuh dalam pentingnya dalam kehidupan orang Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meninjau seberapa puas pelanggan dengan layanan Grab. Mengingat pentingnya, kerumitan, prospek, kontribusi, dan minat, berfokus pada kepuasan pelanggan dalam transportasi internet adalah langkah yang bijaksana dan menguntungkan. Ada ruang untuk penelitian yang mendalam dan menarik tentang topik ini dari berbagai sudut. Tujuan dari studi ini adalah untuk menentukan bagaimana kepuasan pengguna layanan transportasi online pada pengguna Grab di mahasiswa Universitas Tidar prodi Ilmu Admninistrasi Negara Angkatan 2023.Dengan mengeluarkan kuesioner daring kepada mahasiswa universitas Tidar angkatan 2023, studi ini menggunakan metodologi kuantitatif deskriptif. Kedua analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis data. Hasil tes data yang sah, dan temuan penelitian menunjukkan bahwa, secara keseluruhan, pengguna Grab yang adalah mahasiswa Universitas Tidar prodi Ilmu Administrasi Negara angkatan 2023 senang dengan layanan yang mereka terima. Hal-hal yang membuat pelanggan paling senang adalah jadwal yang fleksibel, harga diskon rendah, dan kesederhanaan pemesanan.

Full Text:

PDF

References


Sari, N. A.: Analisis Sentimen Tweet Pengguna GrabBike di Yogyakarta untuk Mengukur Kepuasan Pelanggan. Jurnal

Administrasi Bisnis, 22(2), 181-190. (2018)

Anisa Widyastuti, I. E.: MODEL KEPUASAN KONSUMEN ANGKUTAN ONLINE GRAB DI KOTA PALANGKA RAYA. Jurnal TEKNIKA, 37-38. (2022)

Dita Wandini, T. N.: Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Grab Dimasa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Potensi Utama). Jurnal Visi Manajemen, 5253. (2023)

Jacquline Waworundeng, d.: Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan terhadap Layanan Grab dan Gojek di Masa Pandemi Covid-19. Cogito Smart Journal VOL 8, 113115. (2022)

Soromi, R. K., Pelleng, F. A., & Kalangi, J. A.: Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Transportasi Online GrabBike Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam

Ratulangi. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 9(1), 19-27. (2019)

Reinhard K. Soromi F. A. O. Pelleng J. A. F. Kalangi: Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Transportasi Online GrabBike Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi. (2019).

Pradnyana, Ida Bagus Putra, and I. Gusti Ngurah Putra Suryanata: Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Brand Image Grab Dengan Kepuasan Konsumen. Diss. Udayana University, 2021.

Nurmala, Lala, Abu Sayid Yusuf, and Eman Sulaeman: "Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Pelayanan Driver Grab." Journal on Education 5.2 (2023): 1950-1957.

Putri, H. S., & Diamantina, A.: Perlindungan Hukum Terhadap Keselamatan Dan Keamanan Pengemudi Ojek Online Untuk Kepentingan Masyarakat. Jurnal Pembangunan Hukum

Indonesia, 1(3), 392-403. (2019).

Alfonsius, A.: Pelayanan transportasi online di era new normal. Journal of Accounting and Management

Innovation, 4(2), 101-110. (2020)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara



Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons Internasional .