KINERJA APARATUR DESA DALAM PELAYANAN PUBLIK DI DESA TREKO KECAMATAN MUNGKID KABUPATEN MAGELANG

Tri Ardiana Riyadi

Abstract


Kinerja adala pelaksanaan kegiatan,program atau kebijaksanaan dalam mewujdkan suatu sasaran yang telah di tetapkan oleh suatu instansi atau pun suatu perusahaan sesuai visi dan misi yang telah di tetapkan oleh suatu organisasi tersebut, hasil dari kinerja itu sendiri untuk mewujudkan tujuan yang strategis dalam suatu perusahaan, organisasi atau instansi. Tujunan penelitian ini untuk mengetahui faktor - faktor kinerja para pegawai yang ada di kantor Kepala Desa Treko Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang. Metode penelitian yang digunakan Melalui metode penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Treko Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang. Sasaran peneitian yaitu Kepala Desa Aparatur Desa serta masyarakat Desa Treko. Untuk teknik pengambilan Data melalui wawancara dan dokumentasi selanjutnya penelitian ini akan di analisis dengan metode penelitian teknik analisis data Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kinerja Pegawai kantor Desa Treko Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang belum seenuhnya menjalankan Kinerja pelayanan yang baik dari segi Pemahaan Tupoksi, Inovasi, Kecepatan Kerja, Keakuratan Kerja dan Kerja sama antar para pegawai untuk mewujudkan good govermence.

Kata Kunci : Kinerja, Pelayanan di desa


Full Text:

PDF PDF

References


Agus Dwiyanto, Tahun 2006, “Mewujudkan

Good Govermence melayani publi”

Yogyakarta; UGM Press

Duaji,Noverman.Tahun 2013. “Manajemen

Pelayanan Publik (Wacana Konsep,Teori

dan Problema Pelayana Publik)”.

Bandar Lampung : Lembaga penelitian

Universitas Lampung.

Eny Kusdarini,Tahun 2011, Tentang”Dasar

Hukum Administrasi Negara dan Asas- Asas

Umum Pemerintahan yang

Baik”. Yogyakarta; UNY Press

Fadel, Muhammad, 2009. Reinventing local

goverment. PT. Elex Media

Komputindo.

Hardiyabsyah, 2011. “Kualitas Pelayanan

Publik Konsep, Dimensi, Indikato,

Dan presentasinya”, Yogjakarta; Gava Media

Litjan Poltak Sinambela, dkk, 2011.

“Reformasi Pelayanan Publik teori,Kebijakan, dan Implementasi”.

Jakarta; Bumi Aksa

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. Tahun

“Evaluasi Kinerja sumber daya

manusia”.Refika Aditama.

Bandung.

Mudjiarahardjo, “Triangulas Dalam

Penelitian Kualitatif,”

http//mudjiarahardjo.com/artikel/27

html?task=view, diakses tanggal 17 April

pukul 13.46 WIB

Poltak, Sinambela Lijan. 2010. Reformasi

Pelayanan Publik.Jakarta: PT

Bumi Akasara.

Lexy Moleong 2010, Metode penelitian

kualitatif edisi revisi , Bandung:

Remaja Rosdakarya, hal 330.

Ratminto dan Atik Septi Winarsih,Tahun

, “Reformasi Pelayanan Publik Teori”

Kebijakan Implementasi; Jakarta;

Bumi Aksara.

Pasalong,Harbani, Tahun 2010. “Teori

Administrasi Publik”. Bandung: Alfabeta.

Poltak,Sinambela Lijan. 2011. Reformasi

Pelayanan Publik.Jakarta: PT Bumi

Akasara.

5Widjaja H. 2003. “Otonomi Desa”.

Penerbit PT. Raja Grafindo

persada,Jakarta.

UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa pasal

ayat 1.

UU peraturan pemerintah No 43 Tahun 2014

UUD Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal

nomor 18 tentang otonomi daerah.

UU Tentang Pelayan publik No. 25 Tahun

UUD 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan

Daerah.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014

tentang Desa.www.jdih.kemenkeu.go.id

https://jagad.id/pengertian-masyarakatsecara-umum-dan-para-ahli

https://desatrekomungkid.magelangkab.go.id/

first/kategori/8

http://www.academia.edu/15920160/skema_

model_analisis_interaktif_pengumpulandata_

data_reduksi_data_sajian_data


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara



Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons Internasional .