MENGATASI KEMISKINAN EKSTREM DI PAPUA BARAT MELALUI SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS TAHUN 2021

M. llzam, P.N Syavira, A.N. Libriana, Salma F.S, Mudham T

Abstract


Kasus kemiskinan ekstrem yang melanda di wilayah negara Indonesia yaitu daerah Papua Barat menjadi suatu fokus yang perlu diperhatikan dan menjadi fokus bagi pemerintah untuk segera diselesaikan agar kesejahteraan masyarakat di Papua Barat dapat membaik. Kemiskinan ekstrem yang terjadi di Papua Barat memiliki beberapa faktor, seperti kurangnya kesadaran warga atau masyarakat Papua Barat untuk mengenyam pendidikan layak dan kurangnya lapangan pekerjaan yang ada di sana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja upaya yang dilakukan oleh pemerintah melalui Sustainable Development Goals untuk mengurangi atau menanggapi adanya kasus kemiskinan ekstrem yang terjadi di Papua Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan menggali sumber-sumber yang telah ada, baik melalui jurnal maupun artikel-artikel yang menujukkan data mengenai topik penelitian. Hasil yang didapatkan adalah pemerintah telah melakukan upaya untuk mengentaskan kemiskinan ekstrem dengan program-program sosial. Program-program tersebut yang dilakukan oleh pemerintah seperti Strategi Bantuan dan Jaminan Sosial, Peningkatan Pendapatan Masyarakat, dan Pengembangan dan Penjaminan Keberlanjutan Usaha Ultra Mikro dan Makro di daerah Papua Barat. Keywords : Ekstrem; kemiskinan; Papua Barat; pemerintah; Sustainable Development.

Full Text:

PDF PDF

References


Sepakat Wiki. (2022). Panduan Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem BAB III Kebijakan Saat Ini. https://sepakat.bappenas.go.id/wiki/PANDUAN_ PENANGGULANGAN_KEMISKINAN_EKST REM_BAB_III_KEBIJAKAN_SAAT_INI. Diakses pada tanggal 3 November 2022.

TNP2K. (2021). Tindaklanjuti Pengurangan Kemiskinan Ekstrem, Wapres Kunjungan Kerja Ke Papua Barat.

https://www.tnp2k.go.id/articles/tindaklanjutipengurangan-kemiskinan-ekstrem-wapreskunjungan-kerja-ke-papua-barat. Diakses pada tanggal 3 November 2022.

UNDP. (2012). Laporan Pemetaan Lembaga Keuangan Mikro dan Kajian Situasi terkini Usaha Mikro di Provinsi Papua Barat.

https://www.ilo.org/wcmsp5/groups/public/---

asia/---ro-bangkok/-- ilojakarta/documents/publication/wcms_342544.pdf. Diakses pada tanggal 6 November 2022. Yadi, Muhammad. (2022). Harmoni Regulasi dan Prospek Pendampingan Desa di Papua Barat.

https://www.beritautama.co.id/nasional/pr5125363994/harmoni-regulasi-dan-prospekpendampingan-desa-di-papua-barat. Diakses pada tanggal 4 November 2022. TNP2K. (2021). Tindaklanjuti Pengurangan Kemiskinan Ekstrem, Wapres Kunjungan Kerja

Ke Papua Barat. https://www.tnp2k.go.id/articles/tindaklanjutipengurangan-kemiskinan-ekstrem-wapreskunjungan-kerja-ke-papuabarat#:~:text=Khusus%20untuk%20lima%20Ka

bupaten%20di,ekstrem%204%25%20dan%20ju

mlah%20penduduk . Diakses pada tanggal 8 November 2022.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara



Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons Internasional .