IMPLEMENTASI MASTER STRATEGI DALAM MENCIPTAKAN NILAI PUBLIK PADA UMKM WARUNG SHAKTI

Andini Rahman, Nirvana Setya, Gunadi Gusniarda, Zefanya Gloria, Tazkia Athala, Dinda Widia, Ahmad Zulkarnain, Alifia Firda

Abstract


keberadaan UMKM sangat bermanfaat bagi masyarakat indonesia dalam hal meningkatkan pendapatan masyarakat, selain itu adanya umkm juga dapat menciptakan kreatifitas masyarakat untuk mempertahankan dan mengembangkan potensi wilayah tersebut baik itu dalam hal kebudayaan, alam maupun yang lainya. UMKM juga sudah banyak menyerap tenaga kerja sehingga dapat mengurangi tingkat pengangguran di negara ini Warung makan Shakti merupakan warung makan yang didirikan oleh bu Ama, warung makan ini berada di RT 03 RW 08 Kelurahan Panjang Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang. Warung ini berdiri sejak tahun 2019. Tujuan penelitian ini yaitu merencanakan program pengembangan UMKM Warung Shakti, peningkatan kuantitas (jumlah) dengan penambahan peralatan, dan peningkatan kualitas produk melalui Master Strategi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan observasi dan wawancara kepada narasumber. Hasil dari penelitian ini yaitu pemilik UMKM Warung Shakti tidak pernah melanggar aturanaturan yang ditetapkan oleh pemerintah dan tidak melakukan perbuatan curang dalam usahanya. Pemilik Warung Shakti juga sering menunjukan interaksi dengan masyarakat atau warga sekitar. Keywords : UMKM, Warung Shakti, Master Strategi

Full Text:

PDF PDF

References


Rahutomo, A, N. (2013). Strategi Humas dalam Mempublikasikan Informasi Pelayanan Publik pada PT PLN (PERSERO) Rayon di

Samarina Ilir. eJournal Ilmu Komunikasi Vol. 1 (2) hlm 327.

Fachruddin, I. (2018). Strategi Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Administrasi Negara Vol 2 (1) hlm 11.

Arsid, dkk. (2019). Implementasi Master Strategi dalam Menciptakan Nilai Publik pada PDAM TKR Kaubupaten Tangerang. PUBLISIA:Jurnal Ilmu Administrasi Publik Vol 4 (1) hlm 51-54

Kinerja Astuti, dkk (2021). Publik Value Pengguna Moda Transportasi Bus Rapid Transit (BRT) Kota Semarang. Journal of Publik Policy and Management Review Vol. 10 (3)

Halim, A. 2020. Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan Vol. 1 (2) hlm 165

Kadeni, dkk. 2020. Peran UMKM (Usaha MIkro Kecil Menengah) dalam Meningkatkanm Kesejahteraan Masyarakat. Equilibrium Vol. 8 (2) hlm 193-195

Andwiani Sinarasri, Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Strategi Bisnis Dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan (Studi Kasus pada Pedagang Kaki Lima Bidang Kuliner di Semarang), Prosiding Seminar Nasional 2013 Menuju Masyarakat] Madani dan Lestari, 2013, hal. 46.

Moleong, Lexy J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara



Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons Internasional .