PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA WISATA DALAM MEMANFAATKAN POTENSI DI RW 8 KAMPUNG BOGEMAN KELURAHAN PANJANG

Artika Simanjuntak, Nadia Amalia Fildzah, Divanadia Della Rosania, Olivia Meliyana, Fidela Azaria, Ghora Yossy Pamungkas, Afifah Afifah, Azadira Dusevimaris Alfariyani

Abstract


Salah satu kampung di Kota Magelang yakni RW 8 Kampung Bogeman Kelurahan Panjang merupakan salah satu desa yang berpotensi sebagai desa wisata di Kota Magelang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi potensi wisata di RW 8 Kampung Bogeman Kelurahan Panjang dan menyusun langkah strategis dalam rangka pengembangan desa wisata di RW 8 Kampung Bogeman Kelurahan. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif mengenai potensi wisata di RW 8 Kampung Bogeman, dukungan pemerintah desa dalam pengembangan wisata di RW 8 Kampung Bogeman dan langkah strategis dalam rangka pengembangan desa wisata RW 8 Kampung Bogeman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi wisata yang dapat dikembangkan di RW 8 Kampung Bogeman terdiri dari potensi usahanya, potensi alam, dan potensi kebudayaannya. Rencana pengembangan Desa wisata RW 8 Kampung Bogeman, antara lain: Pengembangan taman habitat dan pembangunan panggung budaya dan taman bermain serta tempat duduk secara menarik dan terstruktur; pembenahan makam mbah bogem dengan ditambah pagar dan papan informasi; pengembangan aksesibilitas melalui penyediaan fasilitas infrastruktur yang memadai seperti pemberian lampu jalan menuju taman habitat; dan pengembangan aktivitas wisata baik dari masyarakat maupun dari pengelola Desa Wisata RW 8 Kampung Bogeman untuk mewujudkan pengembangan wisata yang berkelanjutan.

Keywords : Perencanaan, Desa Wisata, Potensi wisata

References


LAILY, Elida Imro’atin Nur. (2015). Partisipasi Masyarakat dalam Perencanaan Pembangunan Partisipatif. Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik, 3(3): 299-303.

PUTRA, Rizvanda Meyliano Dharma. (2018). Inovasi Pelayanan Publik di Era Disrupsi (Studi Tentang Keberlanjutan Inovasi E-Health di Kota Surabaya. Jurnal Fis AN.

ZADIT, K. (2020). Produksi Ruang Pembangunan Objek Wisata (Studi Perubahan Spasial dan Pembangunan Objek Wisata Swadaya Oleh warga RW 15, Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu). Doctoral dissertation. UNIVERSITAS AIRLANGGA

LAILAM, T., Murti, A. D., & Yunita, A. (2019). Desa Mangunan Sebagai Wisata Desa Unggulan Yang Kompetitif Dan Berbudaya. In Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat.

Peraturan WALIKOTA MAGELANG NOMOR 24 TAHUN 2021 Tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Program Pemberdayaan Masyarakat Maju Sehat Bahagia.

Afrizal. 2016. Metode Penelitian Kualitatif : Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitaif dan Kualitatif dan R&B. Bandung. Alfabeta.

Magelangkota.go.id. (2019). Kota Magelang Nominasi Lomba Hari Habitat 2019 Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Diakses pada 5 Desember 2021 dari http://www.magelangkota.go.id/home/detail/200919rudi1.

Suranny, Lilyk Eka. (2021). PENGEMBANGAN POTENSI DESA WISATA DALAM RANGKA PENINGKATAN EKONOMI PERDESAAN DI KABUPATEN WONOGIRI. Jurnal Litbang Sukowati, Vol. 5, No. 1, November 2021, Hal 49-62.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara



Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons Internasional .