COLLABORATIVE GOVERNANCE DALAM PENANGANAN KASUS COVID 19 KABUPATEN MAGELANG

Sandy Mahendra Prasetyo

Abstract


Pada tahun 2020, dunia dihebohkan dengan wabah virus menular yang mematikan. Dengan adanya virus tersebut, maka seluruh dunia dibuat panik karena virus ini. Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) adalah jenis virus baru yang dapat menjangkiti manusia. Dampak dari pandmi virus ini mneyebar dalam aspek kehidupan seperti kesehatan, ekonomi, sosial budaya, dan pendidikan. Oleh karena itu, untuk menangani dan memutus penyebaran  kasus Covid-19, dibentuklah Gugus Tugas Penanganan Covid 19 berdasarkan Keputusan Pusat dan Keputusan Bupati. Dalam hal ini, seluruh elemen bekerjasama serta berkolaborasi dalam penangani kasus Covid 19. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui, menganalisis, dan mendiskripsikan Collaborative Governance (kolaborasi antar lembaga) dalam penanganan kasus Covid 19 di Kabupaten Magelang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian di yaitu Pemerintahan Daerah Kabupaten Magelang. Penelitian ini memiliki fokus kajian sesuai dengan teori Collaborative Governance Anshell dan Gash yaitu kondisi awal, desain kelembagaan, kepemimpinan fasilitatif, dan proses kolaborasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data. Pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan metode librar research. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian menunjukan bahwa, Pemerintah Kabupaten Magelang kerjasama dengan stakeholders terkait penanganan Covid 19 untuk membentuk Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid 19. Pembentukan Gugus Tugas Peanganan Covid 19 dilatar belakangi oleh semakin tingginya angka penularan Covid di Kabuaptan Magelang sehingga seluruh elemen harus bersiap siaga demi mminimalisir angka penularan Covid 19. Dengan adanya aturan dasar yang jelas maka adanya suatu struktur peran berbagai pihak dalam penanganan Covid 19. Suatu keputusan tersebut diambil melalui rapat forum kepemimpinan terkait penanganan Covid 19 di kabupaten Magelang. Oleh karena itu proses kolaborasi berjalan sesuai dengan komitmen pemerintah dan masyarakat serta saling membangun  kepercayaan antar pihak dalam proses kolaborasi.

 

Kata Kunci : Collaborative Governance,  Covid-19, Stakeholder


References


Buku

Ansell, Chris dan Alison Gash. 2007. Collaborative Governance in Theory and Practice. Journal Of Public Administration Research and Theory. University of California, Barkley (543-571).

Bryant dan White. 1987. Manajemen Pembangunan Untuk Negara Berkembang, Cetakan Pertama, Alih Bahasa Rusyanto L. Simatupang, LP3ES, Jakarta.

Haryono, N. 2012. Jejaring Untuk Membangun Kolaborasi Sektor Publik. Jurnal Jejaring Administrasi Publik, Th IV. No. 1

Herbert Simon, cs. 1959. Public Administration. Alfred Knopf. New York.Hlm. 3

Islamy, La Ode Syaiful H. 2018. Collaborative Governance Konsep dan Aplikasi. Sleman: Deepublish.

Leonard White. 1955. Introduction to The Study of Public Administration. The Mac Millan Company, New York. Hlm.1

Miles, M.B, Huberman, A.M. dan Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UIPress.

Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pasolong, Harbani. 2013. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Terry, George., dan Rue, Leslie W. 2003. Dasar – Dasar Manajemen. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Jurnal

Dwi Ramandhanty, Qansany. 2020. Analisis Pengelolaan Aplikasi Android ‘Magelang Cerdas’ Pemerintahan Kota Magelang Provinsi Jawa Tengah Tahun 2019. Skripsi. Universitas Tidar: Magelang

Fransina. 2020. Collaborative Governance Dalam Pengembangan Wisata Top Selfie Di Desa Pogalan Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang. Skipsi. Universitas Tidar: Magelang

Irawan. Deny. 2017. Collaborative Governance (Studi Deskriptif Proses Pemerintahan Kolaboratif Dalam Pengendalian Pencemaran Udara Di Kota Surabaya). Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik. Volume 5, Nomor 3, September – Desember 2017. Universitas Airlangga: Surabaya.

NurRochim. 2020. Kebijakan Pemberlakuan Lockdown Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. Jurnal Sosial & Budaya Syar-i. UIN Syarif Hidayatullah: Jakarta.

Purba, Ririn. 2020. Kepanikan Sosial Akibat Munculnya Covid-19. Jurnal PKS Volume 19 Nomor 2 Agustus 2020; 124-136. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesejahteraan Sosial: Yogyakarta.

Revelino. 2020. Tata Kelola Kolaborative Dalam Kebijakan Publik Dari Perspektive Penanganan Covid -19 Dki Jakarta. Jurnal Pemerintahan. JPPDP, Vol 13 No. 1. IPDN: Sumedang.

Rizqi, Sailatur. 2020. Model Collaborative Governance dalam Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Administrasi Publik. Universitas Gadjah Mada: Yogyakarata.

Sanur, Debora. 2020. Wacana Kebijakan Lockdown Dalam Menghadapi Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Pemerintahan. Puslit DPR: Jakarata.

Sambodo. 2016. Pelaksanaan Collavborative Governance di Desa Budaya Brosot Galur, Kulonprogo, DI. Yogyakarta. Jurnal Administrasi Publik. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.

Sholikah, Nur. 2020. Kesiapsiagaan Indonesia Menghadapi Potensi Penyebaran Corona Virus Disease. Vol.XII,No.3/I/Puslit/Februari/2020. Pusat Penelitian DPR: Jakarata.

Suwitri, Sri. 2020. Collaborative Governance Dalam Upaya Keselamatan Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan Di Kota Semarang. Jurnal Admisntrasi Publik. Universitas Diponegoro: Semarang

Yumantoko. 2019. Kolaborasi Para Pihak Dalam Penanganan Destinasi Wisata Terdampak Bencana Di Taman Nasional Gunung Rinjani.

Website

infocorona.magelangkab.go.id. 2020. Kasus Covid 19 Kabupaten Magelang. Diakses pada 27 November 2020. Pukul 15.00 WIB.

experience.arcgis.com. 2020. Persebaran Kasus Covid 19 di Indonesia. Diakses pada 23 September 2020. Pukul 09.30 WIB

www.alodokter.com. 2020. Keefektifan Kebijakan Locdown di Indonesia. Diakses pada 23 September 2020 pukul 09.00 WIB.

www.kemenkes. 2020. Penanganan Kasus Covid 19 di Indoensia. diakses pada 17 September 2020 pukul 08.05 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara



Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons Internasional .