ANALISIS NILAI PUBLIK BERDASARKAN NILAI EKONOMI MELALUI PENGEMBANGAN UMKM (Studi Kasus pada Pelaku UMKM di RT 005 RW 003 Kelurahan Kemirirejo, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang)

Nidya Mutiara Ayuna, Nindya Saphira, Maratus Sholehah, Candya Widiasti, Tesalonika Krisma F, Visnatul Cholifa, Sandra Nurfi Syafira, Tirta Pandu Winata

Abstract


Pembangunan ekonomi melalui pengembangan UMKM menjadi lebih efektif dan efisien dalam peningkatan nilai publik pada masyarakat jika berfokus pada sektor-sektor yang menguntungkan. Salah satu usahanya adalah dengan perencanaan pembangunan melalui pengembangan inovasi dan ide agar UMKM mampu memperluas pasarnya. Akan tetapi masih terdapat beberapa hambatan dalam pengembangan UMKM salah satunya pengembangan UMKM bagi para pelaku usaha di Kelurahan Kemirirejo RT 005 RW 003. Oleh karena itu analisis pengembangan UMKM merupakan hal yang penting karena dengan mengetahui potensi UMKM maka diharapkan hal tersebut dapat memajukan UMKM. Tujuannya adalah untuk mendorong perekonomian dan meningkatkan pendapatan pelaku usaha melalui kemandirian ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya temuan bahwa pentingnya mendorong inovasi masyarakat guna mendukung terciptanya pengembangan UMKM yang dapat meningkatkan nilai ekonomi pada masyarakat.

Keywords : Ekonomi,Pemberdayaan,UMKM 

References


Hariyono. (2010). Perencanaan Pembangunan Kota dan Perubahan Paradigma. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Pradigda, E. A. (2017). Strategi Perencanaan Pembangunan Industri Berbasis Produk Unggulan Daerah, Studi pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Blitar. Jurnal Paradigma (JP), 5(3), 122-131.

Sedyastuti, K. (2018). Analisis Pemberdayaan UMKM dan Peningkatan Daya Saing Dalam Kancah Pasar Global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 2(1), 117-127.

Nugroho, A. A. (2018). Pembangunan Ekonomi Berbasis Potensi Wilayah dan Pemberdayaan Masyarakat: Analisis Pengembangan Ekonomi Kabupaten Ngawi. Jurnal Pembangunan dan Kebijakan Publik, 8(2), 30-36.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung.

Bungin, Burhan. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif “Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi”. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Digdowiseiso, K. (2019). Teori Pembangunan.

Khotami W (2019). Ekonomi Pembangunan. Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin

Widyanto, Ari Cahya. "PEMBERDAYAAN KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT (KIM) OLEH DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA DI KABUPATEN MALANG." PhD diss., University of Muhammadiyah Malang, 2017.

De Jong, Jorrit (2011), Strategig Leadership for Public Value, Ash Center HKS; Cambridge, MA, Harvard University Press.

Krisnawati, S. (2021). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KINERJA PADA SENTRA INDUSTRI KERAJINAN KULIT MANDING KABUPATEN BANTUL (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta).

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. (2021). Retrieved December 14, 2021, from Ojk.go.id website


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara



Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons Internasional .