ANALISIS PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN RAWAT INAP JIWA DI RUMAH SAKIT JIWA PROF. Dr. SOEROJO MAGELANG
Abstract
Rumah sakit adalah suatu bagian menyeluruh dari organisasi sosial dan medis berfungsi memberikan
pelayanan kesehatan yang lengkap kepada masyarakat, baik kuratif maupun rehabilitatif. Pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh Rumah Sakit Jiwa Prof. dr. Soerojo Magelang dalam kurun waktu 5 tahun terakhir mengalami penurunan kunjungan di Instalasai Rawat Inap Jiwa. Penurunan kunjungan berkaitan erat dengan kualitas pelayanan yang diberikan rumah sakit kepada pasien.
Dalam penelitian ini, peneliti manganalisis Peningkatan Kualitas Pelayanan Rawat Inap Jiwa di Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo Magelang dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, pertanyaan dan studi pustaka. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah teknik triangulasi dengan cara pengumpulan data, reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Instalasi Rawat Inap Jiwa Rumah Sakit J iwa Prof. Dr. Soerojo Magelang tentang analisis peningkatan kualitas pelayanan, baik kompetensi teknis yang dimiliki oleh perawat maupun dokter dalam penyelenggaran pelayanan medik, asuhan keperawatan sudah baik. Ketersediaan pelayanan baik dokter dan perawat dalam memberikan pelayanan dengan kepedulian dan kesabaran sangat dipercayai pasien. Jaminan keselamatan pelayanan merupakan harapan pasien dan keluarga, rumah sakit menjamin pelayanan terhadap keselamatan pasien. Sedangkan efektifitas ( lama waktu perawatan) di Instalasi Rawat Inap Jiwa Rumah Sakit Jiwa Prof Dr. Soerojo Magelang sudah efektif karena dengan waktu yang pendek pasien sudah sembuh dan diperbolehkan pulang.
Peningkatan kualitas pelayanan yang diberikan rumah sakit kepada pasien sudah meningkat yaitu proses kesembuhan pasien yang semakin baik dengan masa perawatan yang semakin pendek. Dan perlu adanya perhatian, komunikasi yang baik dari perawat kepada pasien karena komunikasi yang sesuai dengan psikologi pasien dapat mempercepat kesembuhan pasien. Rumah sakit juga perlu melakukan pengawasan dan penilaian secara berkala terhadap kompetensi tenaga medis dan memberikan pelatihan ket erampilan tenaga medis agar kualitas pelayanan semakin lebih meningkat lagi.
Kata Kunci : Peningkatan Kualitas Pelayanan, Rawat Inap Jiwa
References
Aritonang, Lerbin R. 2005. Kepuasan Pelanggan.
Pengukuran dan. Penganalisisan Dengan
SPSS. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka.
C. 2011. Manajemen Unit Kerja Rekam Medis.
Yogyakarta : Quantum. Sinergis Media.
Christopher H Lovelock dan Lauren K. Wright,
, Manajemen Pemasaran. Jasa, Alih bahasa Agus Widyantoro, Cetakan Kedua, Jakarta.
Hatta, Gemala R. 2008. Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan di Sarana Pelayanan Kesehatan. Penerbit Universitas Indonesia.
Harbani. Pasolong, 2007.Teori Administrasi
Publik. Bandung : Alfabeta.
Lexy J. Moeleong, 2009. Metodologi Penelitian
Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Lukman Sampara. 2000. Manajemen Kualitas
Pelayanan. Jakarta : STIA LAN.
Moenir, 2005, Manajemen Pelayanan Umum di
Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara.
Mukti, A.G, 2007, Reformasi Sistem Pembiayaan Kesehatan Di Indonesia dan Prospek ke Depan.
Nasution, 2005, Total Quality Management, PT Gramedia Pustaka Utama : Jakarta.
Pohan, Imbolo, 2007. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Penerbit Buku Kedokteran. ECG, Jakarta.
Ratminto. Winarsih, Atik Septi. 2005. Manajemen
Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka.
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian kombinas
“Mixed Method”. Bandung: Alfabeta.
Soerjono, dan Abdurrahman, 2000. Bentuk Penelitian Suatu Pemikiran dan Penerapan, Jakarta: Rineka Cipta.
Sinambela, Lijan Poltak. 2008. Reformasi
Pelayanan Publik. Jakarta : Bumi Aksara.
Sabarguna, 2008. Manajemen Pelayanan Rumah Sakit Berbasis Sistem. Informasi. Yogyakarta : Konsorsium RS Islam Jateng.
Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi
Kedua. Yogyakarta : Andi. Keputusan Direktur Utama No : HK0.3.06/0433/2011: Tentang Pemberlakuan Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo Magelang