EVALUASI KUALITAS PELAYANAN JIWA DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT JIWA PROF. Dr. SOEROJO MAGELANG
Abstract
Rumah sakit merupakan salah satu fasilitas pelayanan kesehatan yang mempunyai peran dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. Menurut Undang-undang Nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit Pasal 29 Ayat 1 Bab b, rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan bagi masyarakat dengan karakteristik tersendiri yang dipengaruhi oleh perkembangan ilmu pengetahuan kesehatan, kemajuan teknologi, dan kehidupan sosial ekonomi masyarakat yang harus tetap mampu meningkatkan pelayanan yang lebih bermutu dan terjangkau oleh masyarakat agar terwujud derajat kesehatan yang setinggi-setingginya.
Dalam penelitian ini, peneliti mengevaluasi kualitas pelayanan jiwa di Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo Magelang dengan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunaka metode
observasi, wawancara, pertanyaan, dan studi pustaka.Teknik analisis yang digunakan adalah analisis
deskriptif dari hasil wawancara mendalam, dan menganalisis berdasarkan kerangka pikir
yang digunakan dalam penelitian ini. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Adapun jumlah informan yang dibutuhkan adalah 1 orang Kepala Instalasi Rawat Jalan, 2 orang Perawat, 5 orang pasien jiwa/keluarga. Total secara keseluruhan informan adalah 8 orang.
Berdasarkan hasil penelitian evaluasi terhadap pelayanan masih belum berjalan sebagaimana mestinya meskipun cara dan pola kerja sudah baik. Evaluasi terhadap kompetensi petugas medis telah
bekerja sesuai dengan SPO, meskipun masih ada keluhan masyarakat mengenai sikap kurang ramahnya petugas medis. Evaluasi terhadap jaminan kesehatan menunjukkan bahwa petugas medis di Instalasi Rawat jalan Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo Magelang telah memiliki kemampuan yang baik dalam melayani pasien.
Kata Kunci : Evaluasi Kualitas Pelayanan Jiwa, Instalasi Rawat Jalan
Full Text:
UntitledReferences
Abubakar, Amelia Nani Siregar, 2010.
Kualitas Pelayanan Penyuluh
Pertanian Dan Kepuasan Petani Dalam Penanganan Dan Pegolahan Hasil Ubi Jalar
Aritonang Lerbin R, 2005. Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Pt. Gramedia Group Pustaka
Utama
Azwar, S. 2000. Sikap Manusia : Teori dan Pengukuran. Yogyakarta : Liberty
Batinggi, Ahmad, 2001. Manajemen Pelayanan Umum. Jakarta: Universitas Terbuka
Bungin, Burhan. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif, Pemahaman Filosofi Dan Metodologis Ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada
Departemen Kesehatan Republik
Indonesia, 2005. Profil Kesehatan
Jakarta. 2. Departemen
Kesehatan Republik Indonesia,
Fandy Tjiptono, 2007.Strategi Pemasaran. Edisi ke dua, Yogyakarta : Andi Ofset.
Green, Lawrence W., 2000. Health Promotion Planning: An Educational and Ecological Approach. American Journal of Health Behavior, 27(4), 466-468.
Hatta, G. 2008. Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan di Sarana PelayananKesehatan. Jakarta: UI Press.
Juliantara, Dadang,dkk. 2005.
Peningkatan Kapasitas Pemerintah
Daerah Dalam Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaharuan.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi Ke 13. Diterjemahkan oleh : Bob Sabran. Jakarta : Erlangga
Lee, H., Lee, Y., & Yoo, D. 2000. The Determinants Of Perceived Service Quality And Its Relationship With Satisfaction. Journal Of Services Marketing, 14 (2/3), 217.
Lewis, Carol W, and Stuart C. Gilman,
The Ethics Challenge in Public Service: A Problem Solving Guide. Jakarta.
Moleong, Lexy J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung: Remaja. Rosdakarya.
Moenir, HAS. 2010. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara
Poerwandari, E.K. 2007. Pendekatan Kualitatif dalam”Penelitian Psikologi. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran Pendidikan Psikologi (LPSP3) UI.
Ridwan, Juniarso dan Sodik Sudrajat,
Achmad. 2
Saragih, Rosita, dkk. 2010. Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Loyalitas Pasien Rumah Sakit Umum Herna Medan.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
, 2011.Metode penelitian kuntitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, Danang. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia.Yogyakarta: CAPS
Undang-Undang Kesehatan NO. 44
Tahun 2009 Tentang Rumah
Sakit
Undang-Undang No. 25 Tahun 2009
Tentang Pelayanan Publik.
Wiyono, Djoko. 2000. Pengukuran Kinerja sector Pelayanan Publik. Yogyakarta : BPTE
Wijono, Djoko, 2002. Manajemen Kepemimpinan dan Organisasi Kesehatan
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons Internasional .