EVALUASI KUALITAS PELAYANAN JIWA DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT JIWA PROF. Dr. SOEROJO MAGELANG

Lugi Tri Ernanto

Abstract


Rumah sakit merupakan salah satu fasilitas pelayanan kesehatan yang mempunyai peran dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. Menurut Undang-undang Nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit Pasal   29   Ayat   1   Bab   b,   rumah   sakit   adalah institusi   pelayanan   kesehatan   bagi   masyarakat   dengan karakteristik tersendiri yang dipengaruhi oleh perkembangan ilmu pengetahuan kesehatan, kemajuan teknologi, dan kehidupan sosial ekonomi masyarakat yang harus tetap mampu meningkatkan pelayanan yang lebih bermutu dan terjangkau oleh masyarakat agar terwujud derajat kesehatan yang setinggi-setingginya.

Dalam penelitian ini, peneliti mengevaluasi kualitas pelayanan jiwa di Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo Magelang   dengan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunaka metode

observasi,  wawancara,  pertanyaan,  dan  studi  pustaka.Teknik  analisis  yang digunakan  adalah  analisis

deskriptif dari hasil wawancara mendalam, dan menganalisis berdasarkan kerangka pikir

yang digunakan dalam   penelitian   ini.   Pemilihan   informan   menggunakan   teknik purposive  sampling.  Adapun  jumlah informan yang dibutuhkan adalah 1 orang Kepala Instalasi Rawat Jalan, 2 orang Perawat, 5 orang pasien jiwa/keluarga. Total secara keseluruhan informan adalah 8 orang.

Berdasarkan   hasil   penelitian   evaluasi   terhadap   pelayanan   masih   belum berjalan  sebagaimana mestinya  meskipun  cara  dan  pola  kerja  sudah  baik.  Evaluasi terhadap kompetensi petugas medis telah

bekerja sesuai dengan SPO, meskipun masih ada keluhan masyarakat mengenai sikap kurang  ramahnya petugas  medis.  Evaluasi  terhadap  jaminan  kesehatan  menunjukkan bahwa  petugas  medis  di  Instalasi  Rawat jalan  Rumah  Sakit  Jiwa  Prof.  Dr.  Soerojo Magelang telah memiliki kemampuan yang baik dalam melayani pasien.

 

Kata Kunci : Evaluasi Kualitas Pelayanan Jiwa, Instalasi Rawat Jalan


Full Text:

Untitled

References


Abubakar, Amelia Nani Siregar, 2010.

Kualitas Pelayanan Penyuluh

Pertanian Dan Kepuasan Petani Dalam Penanganan Dan Pegolahan Hasil Ubi Jalar

Aritonang Lerbin R, 2005. Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Pt. Gramedia Group Pustaka

Utama

Azwar, S. 2000. Sikap Manusia : Teori dan Pengukuran. Yogyakarta : Liberty

Batinggi, Ahmad, 2001. Manajemen Pelayanan Umum. Jakarta: Universitas Terbuka

Bungin, Burhan. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif, Pemahaman Filosofi Dan Metodologis Ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada

Departemen Kesehatan Republik

Indonesia, 2005. Profil Kesehatan

Jakarta. 2. Departemen

Kesehatan Republik Indonesia,

Fandy Tjiptono, 2007.Strategi Pemasaran. Edisi ke dua, Yogyakarta : Andi Ofset.

Green, Lawrence W., 2000. Health Promotion Planning: An Educational and Ecological Approach. American Journal of Health Behavior, 27(4), 466-468.

Hatta, G. 2008. Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan di Sarana PelayananKesehatan. Jakarta: UI Press.

Juliantara, Dadang,dkk. 2005.

Peningkatan Kapasitas Pemerintah

Daerah Dalam Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaharuan.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi Ke 13. Diterjemahkan oleh : Bob Sabran. Jakarta : Erlangga

Lee, H., Lee, Y., & Yoo, D. 2000. The Determinants Of Perceived Service Quality And Its Relationship With Satisfaction. Journal Of Services Marketing, 14 (2/3), 217.

Lewis, Carol W, and Stuart C. Gilman,

The Ethics Challenge in Public Service: A Problem Solving Guide. Jakarta.

Moleong, Lexy J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung: Remaja. Rosdakarya.

Moenir, HAS. 2010. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara

Poerwandari, E.K. 2007. Pendekatan Kualitatif dalam”Penelitian Psikologi. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran Pendidikan Psikologi (LPSP3) UI.

Ridwan, Juniarso dan Sodik Sudrajat,

Achmad. 2

Saragih, Rosita, dkk. 2010. Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Loyalitas Pasien Rumah Sakit Umum Herna Medan.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

, 2011.Metode penelitian kuntitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Danang. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia.Yogyakarta: CAPS

Undang-Undang Kesehatan NO. 44

Tahun 2009 Tentang Rumah

Sakit

Undang-Undang No. 25 Tahun 2009

Tentang Pelayanan Publik.

Wiyono, Djoko. 2000. Pengukuran Kinerja sector Pelayanan Publik. Yogyakarta : BPTE

Wijono, Djoko, 2002. Manajemen Kepemimpinan dan Organisasi Kesehatan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara



Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons Internasional .