PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI KECAMATAN MAGELANG UTARA

Leni Sriharmiati, Fatimah imah, Ika Meirinda, Dita Islawati, Linda Dwi Karlina, Tara Hijriandani, Rita Cahyana, Joko Tri Nugraho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan lingkungan kerja dan kinerja pegawai, serta menghitung, mengaji,dan menganalisis besaran  hubungan pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai di Kecamatan Magelang Utara. Metode yang digunakan adalah kuantitaif deskriptif yang meneliti hubungan antara lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai di Kecamatan Magelang Utara.Selanjutnya menganalisis hubungan antar variabel yang telah dirumuskan dalam kerangka hipotesis, menganalisis data dari jawaban responden lewat angket. Dengan pendekatan  explanatory research  adalah hubungan kausal  antara variabel-variabel melalui pengajuan hipotesis dengan menggunkan data-data yang sama yang bertujuan untuk pengaruh lingkungan kerja tehadap kinerja pegawai Kecamatan Magelang Utara dengan menggunkan metode penelitian survei dimana informasi dan data dikumpulkan dari responden dengan menggunkan kuisoner, wawancara, observasi dan dokumentasi.

Hasil perhitungan menunjukkan bahwa hipotesis yaitu lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai diKantor OPD Kecamatan Magelang Utara.Berdasarkan perhitungan tabel di atas,hasil ini ditunjukkan dengan perolehan nilai Fhitung sebesar 15,786dan ttabelsebesar 4,02(thitung>ttabel) serta nilai signifikansi perhitungan yang bernilai < 0,05.

 

 

Keywords: kinerja pegawai, lingkungan kerja


Full Text:

Untitled

References


Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakterk. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ferry Moulana . (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan melalui Variabel Mediator Motivasi Kerja (Studi pada Karyawan PT. Telkom Indonesia, Tbk Witel Jatim Selatan, Jalan A Yani, Malang. Administrasi Bisnis , 185.

Ginanjar, R. A. (2013). Pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada dinas pendidikan, pemuda, dan olahraga kabupaten sleman. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Kuncoro, M. (2001). Metode Kuantitatif. Yogyakarta: UPP AMP YKPN

Nazir, M. (2017). Metode Penelitian. Yogyakarta: Ghalia Indonesia.

Pratama, J. G. (2015). Pengaruh Lingkungan Kerja, Komunikasi, dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan pada CV. Fajar Elektronik Jember. Jember: Universitas Jember .

Priyatno, D. (2008). Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta: Mediakom.

Setyowati, N. W. (2015). PENGARUH LINGKUNGAN EKSTERNAL DAN LINGKUNGAN INTERNAL TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH DI BANDUNG, JAWA BARAT. Jurnal Bisnis dan Manajemen , 9-26.

Sinambela, L. P. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif: untuk Bidang Ilmu Administrasi, Kebijakan Publik, Ekonomi Sosiologi, Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sofyan, D. K. (2013). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Kerja Pegawai BAPPEDA. Malikussaleh Industrial Engineering Journal , 18-23.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methode). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Yamin, S., & dkk. (2011). Regresi dan Korelasi dalam Genggaman Anda. Jakarta: Salemba Empat

Yulianti, D. (2014). ANALISIS LINGKUNGAN INTERNAL DAN EKSTERNAL DALAM PENCAPAIAN TUJUAN PERUSAHAAN (Studi Kasus di PT. Perkebunan Nusantara VII Lampung). Jurnal Sosiologi, Vol. 16, No. 2 , 103-114.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara



Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons Internasional .