STRATEGI PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH MELALUI PELATIHAN OLEH DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KOTA MAGELANG

Adinda Nurul Hidayah

Abstract


Pemberdayaan adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membentuk kelompok lemah atau belum berdaya agar mempu meningkatkan keberdayaannya melalui peningkatan keterampilan  mereka yang kemudian dapat meningkatkan  kualitas hidup kelompok tersebut. Salah satu kelompok yang harus diberdayakan adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) . UMKM adalah orang-orang yang bergerak pada sektor ekonomi dengan skala yang tidak besar dan mengalami kesulitan dalam mengembangkan usaha mereka. Pemberdayaan UMKM yang dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Magelang, dapat dilakukan melalui pelatihan dan advokasi. Pelatihan adalah memberikan ilmu mengenai cara pengembangan produk bagi para pelaku UMKM, sedangkan advokasi adalah langkah yang pengambilan keputusan yang dalam memecahkan suatu masalah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dengan menggunakan pendekatan 5P dari Edi Suharto(1997) yaitu pemungkinan, penguatan, perlindungan, penyokongan, pemeliharaan. Dengan hasil pemberdayaan melalui pelatihan dan advokasi terdapat 4 strategi yaitu penguatan, perlindungan, penyokongan dan penguatan yang dapat meningkatkan kualitas produk dan pendapatan bagi UMKM. Akan tetapi, masih belum optimal karena terdapat latar belakang SDM pelaku UMKM yang berbeda-beda yang membuat implementai pemberyaan belum mencapai tujuan.

Kata Kunci: Strategi, Pemberdayaan, UMKM

Full Text:

PDF

References


Pearce. John A, Robinson, Richard B. 1997. Manajemen Strategis: Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta: Binarupa Aksara

Soedrajat, Setyo. 1994. Manajemen Pemasaran Jasa Bank. Jakarta:Ikral Mandiri Abadi

Siagian, Sondang P. 2011. Manajemen Stratejik. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Suharto, Edi. 2015. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat : Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial & Pekerjaan Sosial. Bandung: PT Refika Adiatma.

Rangkuti, Freddy. 1997. Analisis SWOT : Teknik Membedah kasus Bisnis – Reorientasi Konsep Perencanaan Strategis Untuk Menghadapi Abad 21. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Mardikanto, Totok dan Soebianto, Poerwoko. 2013. Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung : ALFABETA.

Kuncoro, Mudrajat. 2010. Dasar-dasar ekonomi Pembangunan. UPP

Hamid, Hendrawati. 2018. Manajemen Pemberdayaan Masyarakat. Makasar. De La Macca

Nazarudin. 2020. Manajemen Strategik. Palembang. NoerFikri Offset

Wilantara. Rio F dan Indrawan. Rully. 2016. Strategi Kebijakan dan Pengembangan UMKM. Bangudung.

Indrawati. 2018. Metode Penelitian Kualitatif Manajemen dan Bisnis Konvergensi Teknologi Informatika dan Komunikasi. Bandung. PT. Refika Aditama

Prasojo. Lantip Diat. 2018. Manajemen Strategi. Yogyakarta. UNY Press.

Hunger. J. David. Wheelen. Thomas L.2003. Manajemen Strategis. Julianto Agung. Yogyakarta.

Bryson. John. 2008. Perencanaan Strategis Bagi Organisasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka. Pelajar

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

J.Moleong, Lexy.2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung PT Remaja Rosdakarya,..

Jurnal

Hafiluddin, Moch. Rochjadi. Suryadi. Saleh, Choirul. 2014. Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis “Community Based Economic Development” (Studi pada pelaku UMKM di Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo). Vol. 17, No. 2

Mulyawan, Rahman. 2016. Masyarakat Wilayah dan Pembangunan. UNPAD Press

Latisia, Silurgia. Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Kediri. JISAN. Vol.01. No.02

Harus, Rilla Aisyah. Puspaningrum, Irma Irawati. Strategi Pembinaan UMKM di Kabupaten Sumenep.

Sudaryanto. Ragimun. Wijayanti, Rahma Rina. 2015. Strategi Pemberdayaan UMKM Menghadapi Pasar Bebas ASEAN.

Rohmah, Fathur. Domai, Tjhajahulin. Sukanto. Strategi Pemerintah Daerah Dalam Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menegah Olahan Manga (Studi pada Sentra Olahan Mangga Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo). Vol. 03. No. 12.

Ilhmy. Muhammad Lathief. Pratiwi Sundari. 2018. Strategi Pemberdayaan UMKM Sektor Peternakan Ayam Organik (Studi pada Koperasi Hidayah Sumatra Utara). Vol. 5. No.2

Rahmansyah, Noor. Aryadi, Mahrus. Dan Fauzi, Hamdani. 2020. Startegi Pemberdayaan Masyarakat Lokal Berbasis Bambu di Kecamatan Laksada. Jurnal Hutan Tropis. Vol. 02. No.01

Web Site

Abidin. Fahmi. 2020. Apa saja peran umkm bagi perekonomian Indonesia. https://www.idxchannel.com/infografis/apa-saja-peran-umkm-bagi-perekonomian-indonesia . Diakses pukul 20.10. Tanggal 5/01/2020

Undang-Undang

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2008 Tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2013 tentang Pelaksanaan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara



Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons Internasional .