PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DI DESA BENUANG KECAMATAN TALANG UBI KABUPATEN PALI

Wisnu Agung Saputra, Amaliatulwalidain 2 2, Doris Febriyanti 3

Abstract


Partisipasi masyarakat sangat diperlukan dalam menentukan kebijakan dan keputusan dan sering dibicarakan di berbagai daerah, baik di perkotaan maupun di pedesaan karena dapat kita lihat bahwa pengaruhnya begitu besar, hal ini sangat menentukan suatu rencana atau program yang ada di sekitarnya. Sebaiknya peran masyarakat dalam pembangunan dewasa ini tidak hanya sebagai obyek, tetapi juga sebagai subyek pembangunan. Prinsip yang berpusat pada rakyat menekankan bahwa masyarakat harus menjadi aktor utama dalam pembangunan, oleh sebab itu pemerintahan Desa Benuang mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan desa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana partisipasi masyarakat dalam pembangunan di Desa Benuang. Penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dan metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan di Desa Benuang terdapat beberapa tahapan pembangunan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan pelestarian hasil pembangunan. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat Desa Benuang Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Pali dalam pembangunan desa dapat berjalan dengan lancar, dalam pelaksanaan pembangunan masyarakat juga terlibat memberikan bantuan berupa tenaga dan pikiran. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat ikut serta dan aktif dalam rangkaian kegiatan pembangunan desa.

 

 

KataKunci:PartisipasiMasyarakat,Pembangunan Desa

Full Text:

PDF

References


Adi, I. R. (2007). Perencanaan Partisipatoris Berbasis Aset Komunitas: dari Pemikiran Menuju Penerapan. FISIP UI Press.

Amaliatulwalidain. (2017). Sistem Pemerintahan Desa Dalam Tinjauan Sejarah Politik di Indonesia. Jurnal Pemerintahan Dan Politik, 2(1), 25–30.

Dewi, M. H. U. (2013). Pengembangan Desa Wisata Berbasis Partisipasi Masyarakat Lokal Di Desa Wisata Jatiluwih Tabanan, Bali. Jurnal Kawistara, 3(2), 129–139. https://doi.org/10.22146/kawistara.3976

Dwiningrum, S. I. A. (2011). Desentralisasi Dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pendidikan. Pustaka Pelajar.

Hasan, I. M. (2002). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian Dan Aplikasinya. Ghalia Indonesia.

Kuncoro, M. (2010). Ekonomika Pembangunan: Masalah, Kebijakan, Dan Politik. Erlangga.

Pangemanan, S. (2017). PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN DESA (Studi di Desa Sinsingon Barat Kecamatan Passi Timur Kabupaten Bolaang Mongondow). Jurnal Eksekutif, 1(1).

Prasetyo, G. B. (2015). Partisipasi sosial masyarakat dalam upaya pembangunan pariwisata desa bahasa (Studi di Desa Ngargogondo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang). Jurnal Pendidikan Sosiologi , 02(01), 53–65. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/societas/article/viewFile/3773/3575

Rahardjo. (2004). Pengantar Sosiologi Pedesaan Dan Pertanian. Gadjah Mada University Press.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Sumaryadi, I. N. (2005). Efektivitas Implementasi Kebijakan Otonomi Daerah. Citra Utama.

Suryono, A. (2004). Pengantar Teori Pembangunan. UM PRESS.

Tahulending, R., Kaunang, M., & Sumampow, I. (2018). Partisipasi Masyarakat Dalam Pelaksanaan Musyawarah Pembangunan (Musrembang) Di Desa Sonsilo Kecamatan Likupang Barat. Partisipasi Masyarakat Dalam Pelaksanaan Musyawarah Pembangunan (Musrembang) Di Desa Sonsilo Kecamatan Likupang Barat, 1(1).

Theresia, A. dkk. (2015). Pembangunan Berbasis Masyarakat: Acuan Bagi Praktisi, Akademisi, Dan Pemerhati Pengembangan Masyarakat. Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara



Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons Internasional .