PEMBANGUNAN KEMANDIRIAN MASYARAKAT BERBASIS PENGEMBANGAN UMKM (STUDI KASUS UMKM OMAH PEYEK KOTA MAGELANG)

Aflahal Raffi Arnanda, Siti Muyah Saro, Dahlia Effendi 3, Risha Aliya Yulanda, Eka Putri Afifah, Ovy Aprillia Dinisa, Nadya Faradiba 7, Esti Setyadewi 8, Tsani Khoirun Nisa

Abstract


UMKM menjadi salah satu strategi pemerintah untuk menciptakan lapangan kerja baru dan mengurangi kemiskinan. UMKM akan berperan penting sebagai motor penggerak pertumbuhan dan pembangunan  ekonomi. Salah satu UMKM yang ada di Indonesia, khususnya di Kota Magelang yakni Peyek Mbak Urip milik Ibu Waliyah. Usaha peyek kacang ini masih terdapat beberapa permasalahan salah satunya kurangnya promosi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memberikan upaya strategis dalam menagani permasalahan tersebut melalui pengembangan UMKM untuk mewujudkan pembangunan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan yakni pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. IndHasil dari penelitian menunjukkan bahwa pengembangan UMKM menuju kemandirian dapat dilakukan melalui pembuatan brand untuk memberikan ciri khas produk, melakukan diversifikasi produk guna menambah variasi produk yang dihasilkan, inovasi pada pengemasan produk agar lebih menarik konsumen, pengembangan pemasaran produk untuk memperluas jaringan penjualan, dan terakhir penataan lokasi usaha dengan memberikan papan nama untuk mempermudah konsumen menemukan rumah produksi serta memanfaatkan ruang kosong yang ada berupa pemasangan vertical garden guna menambahkan nilai publik pada rumah produksi UMKMtersebut.

 

Keywords (UMKM, strategi pemerintah, pertumbuhan dan pembangunan ekonomi)

Full Text:

PDF

References


Grimsley, M., & Meehan, A. (2007). e- Government information systems: Evaluation-led design for public value and client trust. European Journal of Information Systems, 16(2), 134-148. Menjadikan Nilai Publik Sebagai Tujuan Dan Indikator Kinerja Kebijakan Publik.

https://ppsdmbukittinggi.kemendagri.go.id/h ome/index.php/karya-tulis/item/100-nilai- publik (diakses pada 4 Desember 2021)

Khofifah, Nur Ihza. 2020. DampakCovid-19

Terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Inovasi Penelitian. 1 (7).

Potensi UMKM Mendorong Pembangunan Ekonomi di Indonesiahttps://linkumkm.id/news/detail/11150/poten si-umkm-mendorong-pembangunan- ekonomi-di-indonesia. (diakses pada Minggu, 21 November2021)

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/396 53/uu-no-20-tahun-2008 (diakses pada 12 Desember 05.30 WIB)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara



Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons Internasional .