STRATEGI PEMBERDAYAAN KESEJAHTERAAN MASYARAT MELALUI PENGEMBANGAN UMKM WARUNG GORENGAN

Aufar Adhi Permana Firdaus, Fifi Oktaningtyas, Lilis Sofiana, Maretha Rahmawati, Rahmad fauzi, Rizky Nurhanifah, Sherly Ardhania Widyasari, Yusna Hidayat

Abstract


Penelitian ini membahas tentang strategi pemberdayaan masyarakat  bagi pelaku usaha yaitu melalui pengembangan UMKM yang ada di Kelurahan Kemirirejo, Kota Magelang. Alasan mengambil pemberdayaan UMKM karena peneliti melihat adanya potensi dan peluang dari UMKM milik salah satu warga Kemirirejo yaitu Bu Nuryati untuk dapat dikembangkan/diberdayakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran dan strategi bagaimana cara mengembangkan UMKM  supaya dapat meningkatkan pendapatan dan juga kesejahteraan bagi pelakunya yang dalam hal ini adalah Bu Nuryati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya program pemberdayaan dari Pemerintah Kota Magelang yang  terdapat pada Peraturan Walikota Magelang Nomor 24 tahun 2001, Bab V pasal 12 ayat 2 butir (c), serta  Peraturan Walikota Magelang Nomor 24 tahun 2001, Bab V pasal 13 ayat 3 butir (a) dan (b). Hal tersebut menjadi bukti bahwa pemerintah sudah menaruh perhatian kepada para pelaku UMKM yang ada di Kota Magelang dan hal tersebut harus mendapat dukungan serta respon yang baik dari masyarakat. Pemberdayaan juga erat kaitannya dengan nilai publik, pasalnya nilai publik  kerangka kerja dalam pengelolaan suatu layanan publik atau program untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai atau bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. 


Kata Kunci : Nilai Publik.Pengembangan UMKM, Strategi Pemberdayaan,

Full Text:

PDF

References


Danam Banyu Pakarti, Public Value Kebijakan Dinas Sosial Kota Surabaya: Studi Tentang Nilai-Nilai Publik Program Campus Responsibility Kota Surabaya, Universitas Airlangga.

Elza Merdekawati. (2018). Potensi dan Kontribusi UMKM Terhadap Kesejahteraan

Masyarakat dalam Perspektif Ekonomi Islam. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Skripsi.

Foy, Nancy. 1994. Empowering People at Work. London: Gower (Aldershot, England and Brookfield, Vt., USA.

https://data.go.id/pemerintah-provinsi-jawa-tengah/kondisi-geografi-kelurahan-kemirirejo-di-kota-magelang (diakses pada 5 Desember 2021 pukul 13.21 WIB).

Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: RinekaCipta.

Miles, Mathew B. and A. Michael Huberman. 2005. Qualitative Data Analysis (terjemahan). Jakarta: UI Press.

Peraturan Walikota Magelang Nomor 24 tahun 2001

Sadan, E. 1997. Empowerment and Community Planning. Tel Aviv: Hakibbutz Hameuhad.

Soetomo. 2006. Strategi-strategi Pembangunan Mansyarakat. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Vina Natasya, Pancawati Hardiningsih. (2021). Kebijakan Pemerintah Sebagai Solusi Meningkatkan Pengembangan UMKM di Masa Pandemi. ISSN 2597-8829.

Zaenab, S. (2017). Pemberdayaan Sumber Daya Petani Kopi Dalam Peningkatan Produksi Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Petani Kopi Desa Sekincau Kabupaten Lampung Barat) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara



Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons Internasional .