MANAJEMEN PROGRAM BANTUAN SOSIAL PENANGANAN RUMAH TIDAK LAYAK HUNI APBD KABUPATEN (BANSOS-RTLH APBD KABUPATEN) OLEH DINAS PERUMAHAN RAKYAT DAN KAWASAN PERMUKIMAN DI KABUPATEN MAGELANG

Rima Atikal Kafa

Abstract


Program penanganan RTLH merupakan program yang dicanangkan pemerintah sebagai upaya mengentasan kemiskinan melalui perbaikan rumah salah satunya yaitu program bantuan sosial RTLH bersumber dana APBD Kabupaten Magelang. Kegiatan ini tak lepas dari proses manajemennya, yang masih ditemukan kendala seperti belum proporsionalnya pegawai, kurangnya dana, tingkat gotong royong masih rendah, dan kendala lainnya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis manajemen program penanganan Bantuan Sosial RTLH APBD Kabupaten oleh Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Magelang. Metode penelitiannya yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Analisis menggunakan mix method fungsi manajemen Luther Gullick dan George R. Terry menurut Rusdiana & Ghazin (2014) yaitu planning, budgeting, organizing, staffing, directing, coordinating, controlling, reporting. Hasil menunjukkan manajemen program telah berjalan dengan baik, hasilnya telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Pada perencanaan target masih belum tercapai, aspek penganggaran dana masih kurang dan tidak semua daerah dilakukan pengawasan anggaran langsung, aspek pengorganisasian jumlah pegawai masih kurang, pada staffing masih kekurangan tenaga sesuai kualifikasi, aspek pembinaan kerja berjalan baik hanya disayangkan tidak dilakukan pembinaan dari pemda, aspek pengorganisian telah berjalan baik, aspek pengawasan masih ada masyarakat tidak tepat waktu dalam pembangunan, aspek pelaporan telah sesuai dengan pedoman hanya tidak dilakukan pengecekan ulang / recheck langsung oleh dinas..

Keywords : Manajemen, Bantuan Sosial, Rumah Tidak Layak Huni, APBD



Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2020). Profil Kemiskinan di Indonesia Maret 2020. Modul berita Resmi Statistik.

Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Keban, Yeremias T. 2014. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik Konsep, Teori dan Isu Edisi Ketiga. Penerbit Gava Media, Yogyakarta.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan. (2020). Buku Program Kerja 2020.

Kementrian PUPR. (2016). Peningkaatan Kualitas Rumah Tidak Layak Huni. Modul 9 Diklat Penyelenggaraan Rumah Swadaya.

Moleong, Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Purwanto, Erwan Agus, Sulistyastuti. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif untuk Adminitrasi Publik dan Masalah- masalah Sosial. Yogyakarta: CV Gava Media.

Rosidah, Euis. Almunawwaroh, Medina. 2018. Pengantar Manajemen. Mujahid Pres,Bandung.

Rusdiana & Ghazin. 2014. Asas-Asas Manajemen Berwawasan Global. Bandung: CV Pustaka Setia.

Siswanto, H.B. (2015). Pengantar Manajemen. Bumi Aksara, Jakarta

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta, Bandung.

Thoha, Miftah. 2008. Ilmu Administrasi Publik Kontemporer. Kencana, Jakarta.

Wijaya, Andy Feefta. Danar, Oscar Radyan. 2014. Manajemen Publik Teori dan Praktik. Universitas Brawijaya Press (UB Press).

Dewi, Natalia Kusuma. Anggraeni, Melly. Dwimawanti, Ida Hayu. 2018. Implementasi program bantuan sosial pemugaran rimah tidka layak huni

(RTLH) di desa Ngotet Kab. Rembang tahun 2017. Jurnal Manajemen dan Kebijakan Publik. Vol.3, No 1.

Islamy, M. Irfan. 2003. Dasar-Dasar Administrasi Publik dan Manajemen Publik.

Program Studi Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Malang.

Ismowati, Mary. Subhan, Ahmad. 2018. Implementasi Program Pemberdayaan Sosial Kegaitan Rehabilitas Sosal Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Bagi Masyarakat Miskin Kabupaten Pandeglang. Jurnal Trasnportasi. Vol. 1, No 2.

Muhadi, Tubagus Yudi. 2020. Implementasi Kebijakan Program Penyediaan Rumah Tidak Layak Huni Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah di Kota Tangerang. Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah. Volume 20, No 2.

Roebyantho, Haryati. Unayah, Nunung. 2014. Implementasi Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan Melalui Program Rehabilitas Sosiak Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kota Garut Provinsi Jawa Barat. Vol. 4, No. 1.

Tursilarini, TY dan Udiati T. (2020). Dampak Bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Bagi kesejahteraan sosial keluarga penerima manfaat di kabupaten Bangka. Media indorasi penelitian kesejahteraan sosial. Vol 44, No.1.

Wahyuwid. (2011). Peran serta warga miskin dalam program kegiatan penanggulangan kemiskinan. Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan. Volume 1, Nomor 1.

Cai, W., & Lu, X. (2015). Housing affordability: Beyond the income and price terms, using China as a case study. Habitat International, 47, 169–175. doi:10.1016/j.habitatint.2015.01.021

Kim, P. S. (2009). A Case for Performance Management for Political Appointees. Public Personnel Management, 38(4), 1–18. https://doi.org/10.1177/00910260090380 0401

Lystia Wahyunung Tyas. (2010). Manajemen Program Penanganan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan KB (BAPERMAS P3AKB) Kota Surakarta Tahun 2006-2009. Skripsi. Universitas Sebelas Maret.

Nugraheni, Edyta Widi. 2013. Manajemen Bantuan Rumah Tangga Miskin Untuk Pemugaran Rumah Tidak Layak Huni Oleh Bapermas, Perempuan, KB, dan Ketahanan Pangan Di Kota Salatiga pada tahun 2013. Skripsi

Yuli Eka Putri. (2018). Manajemen Program Rehabilitas Sosial Rumah Tidak Layak Huni Tahun 2016 Oleh Dinas Sosial Kota Serang (Studi Kasus Kecamatan Kasemen. Skripsi. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Sripsi.

Berita Kab Magelang tentang jumlah RTLH

Hidayat, Wahyu. 2019. Dua Tahun, Kabupaten Magelang Tuntaskan 13.000 Rumah Tidak Layak Huni. http://beritamagelang.id/wawancara/dua- tahun (diakses pada 1 Desember 2020)

Susanto, Irwan. (2019). Rehabilitas Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RS- Rutilahu). https://kemensos.go.id/rutilahu (diakses pada 4 Januari 2021)

Yonaldi, Sepris. (2015). Permukiman Kumuh dan Upaya Penangananya. http://kotaku.pu.go.id:8081/wartaarsipde til.asp?mid=7422&catid=2& (Diakses pada 4 Januari 2021)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara



Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons Internasional .