ANALISIS STANDAR PELAYANAN PUBLIK MELALUI APLIKASI SIMKAH DI KUA KECAMATAN MAGELANG UTARA

Vivianna Aulia, Khusna Nadzif, Husna Selvia

Abstract


Sistem Informasi Manajemen Nikah adalah program aplikasi computer berbasis windows yang digunakan untuk pengumpulan Informasi pernikahan dari seluruh KUA di Indonesia yang datanya dikumpulkan dan disimpan secara otomatis di KUA setempat. Sistem Informasi Manajemen Nikah berguna untuk mengumpulkan data – data Nikah dari seluruh Kantor Urusan Agama di Indonesia baik secara online maupun offline, data tersebut akan tersimpan didalam aplikasi SIMKAH ini. Aplikasi SIMKAH juga diterapkan untuk meningkatkan kembali kinerja dan juga kualitas dari pegawai publik yang bekerja di KUA serta bagi pelayanan administrasi nikah terutama di Kecamatan Magelang Utara. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis dan mengkaji penerapan pelayanan aplikasi Simkah serta untuk mengetahui Standar Pelayanan Publik Aplikasi Simkah di Kantor Urusan Agama kecamatan Magelang Utara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik Wawancara mendalam (in-depth interview) dan Observasi dengan Pegawai KUA Kecamatan Magelang Utara dan Calon pengantin selaku pengguna aplikasi Simkah. Didukung data yang diperoleh dengan cara menelaah dan menganalisis berbagai kajian berupa dokumen, jurnal, ataupun artikel resmi untuk memperoleh informasi yang relevan dengan penelitian. Hasil penelitian menujukan bahwa terdapat dua perspektif dari penerapan aplikasi SIMKAH di KUA Kecamatan Magelang Utara. Menurut pengguna meskipun sudah diterapkan namun dalam pelaksanaanya masih sering mengalami beberapa kendala yang harus dihadapi oleh para pengguna. Sedangkan dari perspektif pegawai KUA dengan adanya aplikasi SIMKAH dapat memudahkan para pegawai dalam pencatatan data dan pengelolaan data.

Kata Kunci : E-Governance, Efisiensi, Standar Pelayanan



Full Text:

PDF

References


Ginting, H. B. Analisis Pelayanan Publik Pada Dinas Sosial Pemerintah Kabupaten Karo (Doctoral Dissertation, Universitas Quality). 2019.

Habibullah, A. Kajian Pemanfaatan dan Pengembangan E – Government. 23. 3. (2010).

Hadi, M. N. dkk. Analisis Efisiensi Penggunaan Dana Masyarakat untuk Kegiatan Dharma Pendidikan di Institut Pertanian Bogor. Jurnal Ekonomi. 20 (03). 352-370. 2015.

Hadi, M. N., Siregar, H., & Sasongko, H. (2016). Analisis efisiensi penggunaan dana masyarakat untuk kegiatan dharma pendidikan di institut pertanian bogor. EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 20(1), 72-93.

Heryanto. M. Efektivitas dan Efisiensi Penyelenggaraan Pelayanan Publik : Suatu Tinjauan Kinerja Lembaga Pemerintahan.

Khosiah, K., Ibrahim, I., & Muhardini, S. (2021). Tingkat Kepuasaan Masyarakat Terhadap Kepemimpinan Kepala Desa di Desa Kalijaga Tengah Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn), 4(1), 185-209

Lolyta, I. C., & Prabowo, P. S. Analisis Efisiensi Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) Pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Sidoarjo. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam, 2(3). 2019.

Monoarfa, H. (2012). Efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pelayanan publik: Suatu tinjauan kinerja lembaga pemerintahan. Jurnal Pelangi Ilmu, 5(01).

Monoarfa, Heryanto. Efektivitas dan Efisiensi Penyelenggaraan Pelayanan Publik: Suatu Tinjauan Kinerja Lembaga Pemerintahan. Jurnal Ilmu Pelangi. 05 (01). 2015.

Nita, A. O. Penerapan Simkah (Sistem Informasi Manajemen Nikah) Dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Nikah Di Kantor Urusan Agama Cimahi Selatan (Doctoral dissertation, UIN SGD Bandung). 2018.

Nugraha, J. T. E – Government dan Pelayanan Publik (Studi tentang Elemen Sukses Pengembangan E - Government) di Pemerintah Kabupaten Sleman. Jurnal Komunikasi dan KajianMedia, 2 (1).

Siti Maryam, N. Mewujudkan good governance melalui pelayanan publik. JIPSI- Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi UNIKOM, 6. 2017.

Sudrajat, R. K. dkk. Efektivitas Penyelenggaraan E – Government pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Malang. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 3 (12).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara



Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons Internasional .