ANALISIS INOVASI PELAYANAN KESEHATAN ONE CLIENT ONE KADER (OCE OKE) DALAM MENGURANGI ANGKA KEMATIAN BAYI DI KECAMATAN PEJAWARAN KABUPATEN BANJARNEGARA

Elvira Yenistika Safarinda

Abstract


Kabupaten Banjarnegara merupakan peringkat ketiga di Jawa Tengah dengan angka kematian bayi tertinggi. Mengingat permasalahan tersebut, pada tahun 2017 Puskesmas Kecamatan Pejawaran membuat sebuah inovasi pelayanan kesehatan baru bernama inovasi One Client One Kader (Oce Oke) untuk mengurangi angka kematian bayi. Pada tahun 2019 angka kematian bayi di Kabupaten Banjarnegara bisa menurun drastis dan menjadi angka terendah sejak empat tahun terakhir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan inovasi Oce Oke di Kecamatan Pejawaran beserta faktor pendukung dan penghambat dari inovasi tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah inovasi Oce Oke sudah terbukti keuntungannya di masyarakat namun memiliki beberapa kerumitan tersendiri. Faktor pendukung inovasi berasal dari modal manusia, kepemimpinan, dan struktur organisasi, sedangkan faktor penghambat berasal dari lingkungan luar sektor publik. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan dalam memaksimalkan penerapan inovasi Oce Oke.

.

Keywords: (Inovasi Oce Oke, Atribut Inovasi, Pelayanan Kesehatan)



Full Text:

PDF

References


Ancok, Djamaludin. 2012. Psikologi Kepemimpinan Dan Inovasi. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara. 2018. “Profil Kesehatan Tahun 2018.” Retrieved January 17, 2021 (https://www.google.com/url?sa=t&source=web &rct=j&url=https://dinkesbna.banjarnegarakab.g o.id/wp-content/uploads/2019/09/PROFIL- KESEHATAN-KAB.-BANJARNEGARA- 2018.pdf&ved=2ahUKEwi8uMWqzJbuAhXLb X0KHWzJDfIQFjAAegQIAxAC&usg=AOvVa w0jw7vEToA38dyEIcWNKtfU).

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. 2018. “Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018.” Retrieved January 6, 2021 (https://www.google.com/url?sa=t&source=web &rct=j&url=https://www.kemkes.go.id/resources/download/profil/PROFIL_KES_PROVINSI_20 18/13_Jateng_2018.pdf&ved=2ahUKEwijyoH2y 5buAhVu4nMBHbVdAO8QFjACegQIARAB& usg=AOvVaw0rtwZat324mgCOJ5-gJkJo).

Keban, Yeremias T. 2014. Enam Dimensi Administrasi Publik: Konsep, Teori, Dan Isu. Ketiga. Yogyakarta: Gava Media.

Kurniawan, Beny. 2012. Metodologi Penelitian. Tangerang: Jelajah Nusa.

Noor, Irwan. 2013. Desain Inovasi Pemerintah Daerah. Malang: UB-Press.

Pusat Kajian Anggaran DPR. 2020. “Referensi Perkembangan Pembangunan Sarana Prasarana Dan Indikator Kesehatan.” Retrieved January 6, 2021 (https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web &rct=j&url=https://berkas.dpr.go.id/puskajiangg aran/referensi-apbn/public-file/referensi-apbn- public- 20.pdf&ved=2ahUKEwiD4cOP8YLvAhWXeX0 KHbMGBFwQFjABegQIAhAC&usg=AOvVaw 3dBRyI-u-voBYaCPF27ENb).

Serayu, Derap. 2018. “Tembus Top 45, Oce Oke Kembali Raih Penghargaan Nasional.” Retrieved July 2, 2021 (http://derapserayu.banjarnegarakab.go.id/2019/1 0/16/tembus-top-45-oce-oke-kembali-raih- penghargaan-nasional/).

Suharyadi, Herry. 2016. “Manajemen Pemerintahan Dalam Program Unit Reaksi Cepat Tambal Jalan Di Kota Bandung Tahun 2015.” Jurnal Ilmu Pemerintahan 2(2):239–62.

Suwarno, Yogi. 2008. Inovasi Sektor Publik. Jakarta: STIA-LAN Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara



Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons Internasional .