EFEKTIVITAS PROGRAM DESA YANG DIDANAI OLEH APBN (DANA DESA) TAHUN 2016 DI BANJARSARI, GRABAG, MAGELANG

Khikmah Wulandari, Samodra Wibawa, Bambang Kuntjoro

Abstract


Latar belakang masalah penelitian ini adalah masih banyak sarana dan prasarana yang kurang memadai dan Sumber Daya Manusia (SDM) perangkat desa dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) yang masih kurang. Sehingga memerlukan banyak dana untuk memperbaikinya, salah satunya yaitu APBN yang dialokasikan untuk Dana Desa. Tujuan Penelitian untuk mendeskripsikan dan menganalisis efektivitas program desa yang didanai oleh APBN yang dialokasikan untuk Dana Desa tahun 2016 di Desa Banjarsari Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang dan mengetahui faktor-faktor penunjang dan penghambat program.

     Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 19 orang yang terdiri dari pelaksana program dan sasaran program dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis data model interaktif.

     Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan program desa yang didanai oleh APBN yang dialokasikan untuk Dana Desa tahun 2016 di Desa Banjarsari Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang sudah berjalan secara efektif, yaitu pelaksanaan program desa yang tepat sasaran, tepat waktu, tujuannya tercapai, memberikan perubahan nyata dan semua pihak yang terlibat paham terhadap program desa tersebut. Faktor penunjang efektivitas program desa ini yaitu: Faktor komunikasi, Faktor disposisi dan Faktor struktur organisasi. Untuk faktor penghambatnya adalah Faktor sumber daya.

 

Kata Kunci:  Efektivitas, Program, Dana Desa 2016

Full Text:

Untitled

References


Data Tanah Lonsor Geospasial BNPB Tahun 2015.

Hidayah, Pepy Novia. 2012. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Program Keluarga Berencana (KB) di Kecamatan Taktakan Kota Serang. Skripsi. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang.

Makmur. 2011. Efektivitas Kebijakan dan Kelembagaan Pengawasan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Meleong. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2014 Tentang Dana Desa Yang Bersumber Dari Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 241 Tahun 2014 pasal 1 tentang Pelaksanaan Pertanggungjawaban Transfer ke Daerah dan Dana Desa. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 60 Tahun 2014 Tentang Dana Desa Yang Bersumber Dari Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara.

Ratminto dan Atik Septi Winarsih. 2012. Manajemen Pelayanan (Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter Dan Standar Pelayanan Umum). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2016.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa Tahun 2011-2015.

Rukmana, Novayanti Sopia. 2013. Implementasi Program Jaminan Kesehatan Gratis Derah Di Puskesmas Sumbang Kecamaan Curio Enrekang. Skripsi. Universitas Hasanuddin Makasar.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, Edy. 2007. Budaya Organisasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara



Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons Internasional .