EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI E-PROCUREMENT DALAM PROSES PENGADAAN BARANG/JASA DI KABUPATEN MAGELANG

Desiana Kartika Dewi, Bambang Kuncoro, RM. Mahendradi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis e-procurement dalam proses pengadaan barang/jasa di Kabupaten Magelang dan mengetahui efektivitas dan efisiensi e-procurement dalam proses pengadaan barang/jasa. Permasalahannya Kabupaten Magelang ketika menggunakan lelang konvensional memberi dampak negatif, seperti pengaturan hasil lelang di luar adanya tindakan pencegatan yang dilakukan oleh antar penyedia, kemudian setelah adanya e-procurement ini diharapkan memberikan pelaksanaan pengadaan barang/jasa di Kabupaten Magelang yang efektif dan efisien.

Jenis penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah di Kantor Bagian Administrasi Pembangunan Daerah Sekrertariat Daerah Kabupaten Magelang. Pengumpulan data penelitian ini adalah observasi langsung, dokumentasi dan wawancara.

Proses e-procurement dalam pengadaan barang/jasa di Kabupaten Magelang sesuai dengan mekanisme dan prosedur pelaksanaan yang tercantum pada peraturan perundang-undangan. Efektivitas e-procurement pada pengadaan barang/jasa di Kabupaten Magelang ditunjukkan dengan sedikit terjadinya proses gagal lelang yaitu 8,5% dari seluruh jumlah proses lelang yang dilaksanakan. Efisiensi e-procurement dalam proses pengadaan barang/jasa di Kabupaten Magelang yaitu efisiensi terhadap pagu 17% dengan nominal Rp 80.553.703.637 dan efisiensi terhadap HPS adalah 15% dengan nominal Rp 67.732.361.487.

E-procurement pada proses pengadaan barang/jasa di Kabupaten Magelang telah efektif dan efisien. Pemerintah Kabupaten Magelang melaksanakan e-procurement pada proses pengadaan barang/jasa harus mempertahankan apa yang ditunjukkan mengenai efektivitas dan efisiensinya.

 

Keyword: efektivitas, efisiensi, e-procurement, pengadaan


Full Text:

Untitled

References


Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Penerbit Gava Media: Yogyakarta.

Kost, Fremont and Rosenwig, Jarnes. 1979. Organization and Management. A System and Contigency Approach. McGraw-Hill Inc: United States.

Miles, Matthew dan Huberman, A. Michael. 1992. Analisa Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. UI Press: Jakarta.

Tangkilisan, Hessel Nogi S. 2005.Manajemen Publik. Grasindo: Jakarta.

Peraturan Presiden Nomor 4 Tahun 2015 tentang Perubahan Keempat Atas Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Peraturan Bupati Magelang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Secara Elektronik di Kabupaten Magelang.


Refbacks



Copyright (c) 2018 JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara



Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons Internasional .