PENAGGULANGAN MASALAH KETENAGAKERJAAN DI DUSUN REJOSARI DENGAN MEMANFAATKAN POTENSI YANG ADA

Deviana Mutiara Clarita, Joko Tri Nugraha

Abstract


Pengangguran merupakan salah satu masalah utama yang selalu dihadapi setiap negara. Istilah pengangguran di Indonesia sudah akrab terdengar dimana-mana,tidak terkecuali di dusun-dusun. Masyarakat Dusun Rejosari memiliki inisiatif untuk mengurangi pengangguran yaitu dengan menciptakan home industri yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kondisi masyarakat yang bersangkutan dengan ketenagakerjaan terutama di Dusun Rejosari. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan cara pengambilan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode penelitian kebijakan merupakan suatu proses penelitian yang dilakukan terhadap masalah-masalah sosial yang mendasar, sehingga temuannya dapat direkomendasikan kepada pembuat kebijakan untuk bertindak praktis dalam menyelesaikan masalah. Hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwa masyarakat dewasa ini telah cukup menyadari bahwa dengan adanya home industri dapat mengentaskan kemiskinan, megurangi pengangguran, dan meningkatkanperekonomian masyarakat.

 

 Katakunci: Ketenagakerjaan, Lapangan Kerja, Pengangguran


Full Text:

Untitled

References


Karningsih. 2013 “Analisis Penciptaan Lapangan Kerja di Kota Semarang”. Jurnal Ilmiah Untag Semarang.

Sumardingsih, Sri. 2004 “Upaya Mengatasi Pengangguran di Kabupaten Kulon Progo”. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 2 No. 1.

Wahyu, Handayani Sri. 2014. “Perluasan Lapangan Kerja Bagi Masyarakat Pesisir”. Kajian Multi Disiplin Ilmu untuk Mewujudkan Poros Maritim dalam Pembangunan Ekonomi Berbasis Kesejahteraan Rakyat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara



Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons Internasional .