PEMANFAATAN DANA DESA BERBASIS PARTISIPASI DI DESA BANYUROJO KECAMATAN MERTOYUDAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2017

Leni Sriharmiati, Joko Tri Nugroho

Abstract


Dana desa yang dikelola oleh pihak-pihak desa yakni pemerintah desa didukung partisipasi masyarakat. Partisipasi masyarakat dilakukan melalui musyawarah desa guna merumuskan, mengelola dan mengawasi pengeloaan dana desa dengan baik. Partisipasi  dalam bentuk lain adalah ikut terlibat dalam kegiatan pengelolaan desa seperti pembangunan infrastruktur desa, pemberdayaan masyarakat atau kegiatan lain sesuai kebijakan desa. Musyawarah desa sebagai langkah awal bentuk partisipasi masyarakat menentukan kebijakan desa guna mengelola dana desa. Penelitian ini dilakukan untuk memahami dan menganalisis partsipasi masyarakat desa Banyurojo Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang dalam mengelola dana desa serta dampak pengelolaan dana desa terhadap pembangunan desa maupun kesejahteraan masyarakat. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan Pemberdayan masyarakat dalam bentuk partisipasi perwakilan belum menyeluruh semua wrag terlibat karena keterbatasan forum muyawarah desa serta keterbatasan masyarakat akan tenga, dan waktu. Partipasi masyrakat dibina dan dilibatkan dalam program pembangunan, pembinaan masyarakat dan pemberdayan masyarakat. dalam bidang pembangunan dengan ikutsertaan perencaan (perwakilan, pelaksanaan ikut terlibat membangun jalan atau fasilitas publik secara gotong royong. Bidang pemberdayaan dengan keterlibtan program serta sumbangan pikiran, keahlian, tenaga uang bahkan barang seperti pemberdayaan sistem hidropohik oleh kelompok wanita, dan pemberdyaan pemuda karang taruna. Partisipasi pembinaan masyarakat dalam bentuk keterlibatan waktu ikut hadir dalam acara pembinaan.

 

Katakunci: Banyurojo, Dana Desa dan Partisipasi


Full Text:

Untitled

References


BPKP. 2015.”Panduan Pengeloaan Keuangan Desa” diakses dari http://www.bpkp.go.id-jungklakbimkonkeudesa Pada 22 Juli 2017 Pukul 22.41 WIB.

Ferdinan,BT. “Kajian Teori”. Diakses dari http://www.eprinas.uny.ac.id/bab2.pdf, 2012 Pada tanggal 19 September 2017 Pukul 13.17 WIB.

Rochman, AA. “Landasan Teori”. Diakses dari http://digilib.uinsby.ac.id/bab2.pdf, 2009 Diakses Pada 19 september 2017 Pukul 15.29 WIB.

Fadil Faturrahman, “Partisipasi Masyarakat dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan di Kelurahan Kotabaru Tengah”, 2013 hlm 251-256

Lubis, asri. “Upaya Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan”, 2009, Jurnal Tabularasa PPS unimed vol.6 no. 2 h1m.183-184.

Miles, Matthew B dan A. Michael Huberman. Analisis Data Kualitatif (Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru), UI Press, Jakarta. 1992.

Tumbel, Satria Mentari. “Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Dana Desa Di Desa Tumaluntung Satu Kecamatan Tareran Kabupaten Minahasa Selatan” E-Jurnal.Unstat Vol 6, No 1. 2017.


Refbacks



Copyright (c) 2018 JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara



Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons Internasional .