PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENGELOLA DESA BAHASA (STUDI DI DESA NGARGOGONDO, KECAMATAN BOROBUDUR, KABUPATEN MAGELANG)

Fatimah -, Septian Yoga Prabowo, Pinki Juliana Anggraini, Shandi Prawiratama, Joko Tri Nugraha

Abstract


Pendidikan merupakan pondasi utama untuk memajukan bangsa, pentingnya pendidikan menentukan kualitas kesejahteraan dan masa depan kemajuan bangsanya. Hal ini dapat  dilihat dari negara maju yang dapat menjamin pendidikan bangsanya dengan pendidikan mutu berkualitas menjadi perhatian bagi penyelenggara negara. Dari misi pendidikan adalah mewariskan ilmu dari generasi ke generasi selanjutnya, jangan samapai generasi itu terputus dengan begitu. Secara umum penularan ilmu oleh orang –orang yang terhubung dengan generasi kedepannya untuk menjadi generasi yang lebih baik dan lebih beradap. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi serta dokumentasi. Warga Desa Ngargogondo memberikan partisipasinya dalam pembangunan pariwisata Desa Bahasa melalui, pertama partisipasi dalam pengambilan keputusan, wujud nyata dari partisipasi ini berkumpulnya warga dan berdiskusi serta memberikan sumbangan saran kepada Desa Bahasa untuk lebih baik. Partisipasi yang kedua adalah partisipasi dalam pelaksanaan. Bentuk nyata yang dilakukan warga dalam partisipasi ini adalah turut serta warga belajar bahasa Inggris. Partisipasi yang ketiga adalah partisipasi dalam pemanfaatan, bentuk nyata yang diperoleh warga adalah peningkatan output baik dari meningkatnya kemampuan berbahasa Inggris dan juga pendapatan dari homestay.

 

 Katakunci: Desa Bahasa, Masyarakat, Partisipasi


Full Text:

Untitled

References


Al. 2014. “Magelang bias Menjadi Lokomatif Pariwisata Jateng” dalam suara rakyat. Hlm.7-9. Magelang:DPRD Kabupaten Magelang.

Kuncoro, Bambang. 2017.Konsep Dasar Pemberdayaan Masyarakat tentang Filosofi Pemberdayaan Mayarakat. Universitas Tidar:Magelang.

Prasetyo, Budi Gurinda. 2015. “Partisipasi Sosial Mayarakat dalam Upaya Pembangunan Pariwisata Desa Bahasa (Study kasus di desa ngargogondo, kecamatan borobudur, kabupatan magelang)” e-journal.student.uny

Sugiyono.2004. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Totok dan Poerwoko. 2015. Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta

Usman, Sunyoto. 2004. Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks



Copyright (c) 2018 JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara



Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons Internasional .