PELAYANAN PUBLIK BERBASIS ELEKTRONIK MELALUI APLIKASI “ MONGGO LAPOR” DI SEKRETARIAT DAERAH KOTA MAGELANG

Lisa Ratnasari, Arkan Valiant Azhnuri, Elma Aliya, Nabila Muzhiffarah, Tri Asih Wismaningtyas

Abstract


ABSTRACT

Salah satu cara pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik yakni dengan memanfaatkan teknologi informasi. Pemerintah Kota Magelang membuat sebuah aplikasi berbasis elektronik. Aplikasi tersebut bernama Monggo Lapor . Tujuan diciptakannya aplikasi Monggo Lapor untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan pengaduan online kepada pemerintah Kota Magelang. Masyarakat bisa dengan mudah menyampaikan aspirasi mereka dengan menggunakan aplikasi Monggo Lapor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif aplikasi Monggo Lapor sebagai implementasi E-Government dalam meningkatkan efisiensi pemerintahan dalam melayani masyarakat. Metode penelitian yang lakukan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan. Hasil penelitian ini adalah melalui aplikasi ini sangat mudah dan memudahkan jika direalisasikan sesuai dengan tujuan awal dibentuk aplikasi ini. Dengan diberlakukannya pelayanan publik melalui aplikasi sebagai implementasi dari E-Government akan dapat menciptakan pemerintahan yang efisien dan saling menguntungkan antara pemerintah dan masyarakat.

 

Keywords : aplikasi monggo lapor, pelayanan public


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agus Winarno Wahyu, Kusuma Dewu Arum Sari. 2012. Implementasi EGovernment System Dalam Upaya Peningkatan Clean and Good Governance Di Indonesia. JEAM. Vol XI , No.1.

Wahyu Ningsih Dwi, Joko Tri Nugraha. 2020. Tingkatan Layanan E-Government Melalui Aplikasi "Monggo Lapor" di Kantor Humas Pemerintah Kota Magelang. jurnal Desentralisasi dan Kebijakan Publik. Vol. 01 No. 01.

Indrajit, Richardus. E. (2004) Egovernment Strategi Pembangunan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital, Andi Offset: Yogyakarta.

Keppres No. 20 Tahun 2006 tentang pembentukan Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional

Andrianto,Nico. (2007). Good e-Government: Transparansi dan Akuntabilitas Publik Melalui eGovernment. Malang: Banyumedia Publishing

Azis, Herry Abdul.(2008). Integrasi E-Government:Tantangan,Kebijakan danImplementasi, Jakarta.

Heriyanto, Anas. (2015). Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance dalam Tata Kelola Pemerintahan Desa Triharjo Kecamatan Sleman Kabupaten Sleman. Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta.

Gafur, Mohammad Zain A., (2014). Inkonsistensi Penerapan Good Governance dalam Implementasi Kebijakan Alokasi Dana Desa dalam Pramusinto, Agus (Ed.) Seri Kebijakan Publik Indonesia: Demokrasi dan Good Governance.Yogyakarta. IGPA MAP UGM.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 Tentan Pemerintahan Daerah

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

Pemerintah Kota Magelang. (2021). Monggo Lapor Pemerintah Kota Magelang. Pemerintah Kota Magelang. https://lapor.magelangkota.go.id/. Diakses pada tanggal 20 Maret 2021

Humas Magelang Kota. (2021). humas.magelangkota.go.id. Diakses pada tanggal 20 Maret 2021


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara



Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons Internasional .